Menu Close

Relawan PMI Demak Siaga Bantu Korban Banjir

Demak-Ketua Palang Merah Kabupaten Demak(PMI) dr. Singgih Setyono M.Kes menghimbau relawan PMI agar terus bersiaga dalam membantu korban banjir. Ini menyusul meluasnya dampak banjir yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Demak, seperti di Desa Sumberejo, kembangan Kecamatan Bonang dan Desa Karangrejo Kecamatan Wonosalam karena meluapnya aliran sungai kali tuntang

Dalam acara yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Demak dengan pengurus PMI,  Singgih menjelaskan. “Kepada seluruh relawan PMI untuk tetap semangat dan bersiaga untuk membantu para korban bencana,” ujar Singgih setyono dalam keteranganya, Kamis (07/01/21).

Singgih juga meminta agar segera menyiapkan kebutuhan mendesak seperti  mendirikan tenda, memberikan bantuan medis, bantuan makanan, mengawasi bahaya penyakit menular dan lainnya..

Selain itu, ketua PMI yang merangkap sebagai Sekda di Kabupaten Demak itu juga menyampaikan apa yang harus diprioritaskan selama menghadapi bencana banjir,” Pada saat banjir,  kita periksa apa ada yg luka, ada nggak bayi-bayi, manula, orang cacat.”Tandasnya.

Beliau juga menambahkan,”banyak yg harus dipantau seperti hulu dan persiapan apa yg kita siapkan setelah itu. Kelemahan kita menindak lanjuti waktu sejak adanya peringatan air yang dari atas butuh berapa jam? Inilah yg harus kita pertajam, sejak kita tau air sudah meluap sampai ke Demak kita harus ngapain, menyiapkan karung ditempat yang kritis atau lainnya. Dan nanti menyusuri sungai sebelum banjir daripada melakukan lebih banyak hal setelah banjir,” ujarnya. (kominfo/pim)

 

Bagikan