Menu Close

Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga Dibuka Kembali

DEMAK – Dibukanya kembali wisata religi Makam Sunan Kalijaga di Kelurahan Kadilangu Demak disambut dengan gembira oleh pedagang di tempat wisata tersebut. Sebelumnya, wisata religi Makam Sunan Kalijaga ditutup karena liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sesuai surat edaran dari Pemkab.

Salah satu pedagang siomay di area komplek Makam Sunan Kalijaga, Tohok Herlina mengaku sangat gembira sejak resmi dibukanya  kembali wisata religi Makam Sunan Kalijaga Demak. Walaupun peziarah masih terbilang sepi, namun ia tetap merasa senang karena dagangannya bisa laris terjual.

“Alhamdulillah, Mas, senang sekali saya. Sekarang sudah mulai normal kembali. Dagangan saya laris lagi,” ungkapnya, belum lama ini.

Ia mengatakan, sudah berjualan siomay di komplek Makam Sunan Kalijaga sejak kecil. Ia membuka lapakanya mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 01.00. Wanita berusia 19 tahun tersebut mengaku, saat wisata religi Makam Sunan Kalijaga ramai bisa mendapatkan penghasilan mulai dari 700 ribu hingga 2 juta rupiah perharinya.

“Saat liburan kemarin tetep jualan tapi cuma satu dua yang membeli,” imbuhnya.

Sedangkan pedagang kopi di kawasan Wisata Religi Masjid Agung Demak dan Makam Raden Fatah, Murtini juga mangatakan, sejak Wisata Religi Masjid Agung Jawa Demak dan Makam Raden Fatah resmi dibuka,  banyak pembeli yang datang ke lapaknya. Kebanyakan pembeli yang datang adalah mereka yang baru saja berziarah di lokasi tersebut serta hendak singgah ke Masjid Agung Demak untuk sholat dan beristirahat di situ.

“Bersyukur banget mas, setidaknya ada pembeli yang datang dan membeli dagangan saya,” tuturnya saat di temui dilapak dagangannya,” imbuhnya.

Ia mengaku, saat ditutupnya objek wisata religi di Demak untuk menyambut libur Nataru belum lama ini, warungnya tetap buka, akan tetapi tidak ada satupun pembeli yang menghampiri dagangannya.(kominfo)

 

Bagikan