Menu Close

Tanam Cemara Laut Guna Mendorong Perbaikan Lingkungan

Demak – Kecamatan Wedung merupakan salah satu wilayah yang rentan akan abrasi. Hal ini disebabkan wilayah tersebut terletak di pesisir pantai laut jawa.

Untuk itu, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II DLHK Provinsi Jateng bersama Babinsa Koramil 06/Wedung Koptu Saefudin, perangkat desa, kelompok tani Sinar Makmur dan siswa SMA 1 Wedung serta warga melakukan penanaman pohon cemara laut, Senin (11/01/2021).

Pohon yang berjenis casuarina equisetifolia ini ditanam di sepanjang jalan utama Wedung menuju Desa Tambak Seklenting.

Pujiharini, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II DLHK Jateng menyebut, tanaman cemara laut merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir.

Dimana tanaman jenis ini mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan.

“Penanaman tanaman cemara laut adalah salah satu teknik konservasi tanah secara vegetatif dan bersifat permanen. Dengan tujuan untuk mendorong perbaikan lingkungan,” ungkapnya.

Penanaman cemara laut sebagai metode RLKT pantai berpasir, lanjut Puji, berpontensi untuk dikembangkan lebih jauh lagi sebagai teknik perbaikan lingkungan pantai lain di Indonesia.

“Pelibatan pastisipasi masyarakat merupakan faktor penting untuk mendukung keberhasilan RLKT sehingga perlu terus dikelola dengan baik,” katanya.

Sementara Babinsa Koptu Saefudin mengatakan , dengan adanya penanaman pohon cemara laut diharapkan dapat meningkatkan agregasi perkembangan struktur tanah karena memperbesar granulasi dan porositas tanah, memperbaiki unsur hara dan meningkatkan kadar air tanah di bawah tegakan.

Saefudin menambahkan, dengan kehadirannya bersama Kepala desa Wedung, H. Jamaludin, diharapkan dapat memberikan semangat kepada warga dalam melaksanakan penanaman, sehingga pelaksanaan penanaman dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Semoga dengan penanaman oleh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II DLHK Provinsi Jateng bersama masyarakat, dapat meminimalisir terjadinya abrasi berkelanjutan di wilayah Kecamatan Wedung,” tandasnya.(kominfo)

Bagikan