Menu Close

Pepaya California Dukung Ketahanan Pangan  

Demak – Pepaya California merupakan jenis pepaya unggulan yang memiliki umur genjah, sehingga usia panen dapat dilakukan saat umur 7 bulan. Sedangkan dari segi produktifitas, pepaya Califonia memiliki umur yang tinggi hinga 4 tahun. Sedangkan dalam satu bulan Pepaya Jenis California ini dapat di panen hingga 4 kali. Hal tersebut disampaikan oleh Danramil Kapten Inf Mulyadi Koramil 09/Karangtengah saat melaksanakan program ketahanan pangan Nasional di Desa Karangsari, Rabu (13/01/21).

Dalam kegiatan tersebut telah disediakan 500 bibit papaya jenis California dan 500 bibit cabe yang akan di tanam pada lahan seluas kurang lebih 1 Hektar yang berada tepat di belakang Puskesmas Karangtengah.

“Lubang tanam sudah disiapkan sebelumnya agar mengurangi kemasaman dan kandungan air. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 20 x 20 x 15 cm, jarak lubang juga disesuaikan dengan jarak tanam 1,5 x 1,5 meter”, ujar Danramil Kapten Inf Mulyadi.

Danramil Kapten Inf Mulyadi  menambahkan,“atas instruksi dari pak Dandim, kita sudah perhitungkan dengan matang untuk persiapan dan pengolahan lahan tanam agar pertumbuhan tanaman nantinya tidak terganggu”.

Terpisah, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz, S.I.P, M.I.Pol menyampaikan, bahwa dalam mendukung ketahanan pangan, pepaya California sengaja dipilih dengan beberapa alasan diantaranya papaya jenis ini sedang menjadi primadona dimasyarakat karena memiliki rasa yang manis, daging buah kenyal dan tebal.

Untuk itu, pihaknya berupaya membuat terobosan baru dengan memanfaatkan lahan di wilayahnya untuk dikembangkan sebagai budidaya pepaya varietas jenis California .

“Upaya ini kami lakukan untuk mendukung program ketahanan pangan demi kepentingan bersama. Selain itu tanaman papaya California dapat mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari asap pabrik”,pungkasnya.(kominfo/ist/rd)

 

Bagikan