Menu Close

Kegiatan Fasilitasi Organisasi Guru PAUD / TK / RA

DEMAK – Bupati Demak, HM.Natsir membuka Kegiatan Fasilitasi Organisasi Guru PAUD/TK/RA pada Rabu (8/3) bertempat di Pendopo Kabupaten Demak. Kegiatan diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatnkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Demak Tahun 2017.  Acara Turut dihadir pula oleh Sekda Demak, Dr. Singgih Setyono, M.Kes, Asisten Sekda dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Demak.

Pendidikan anak pada usia dini merupakan upaya pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir sampai dengan umur 6 tahun melalui pemberian stimulasi pendidikan. Hal tersebut bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan untuk masuk ke pendidikan lebih lanjut.

Guru selaku kreator, pemimpin dan pembimbing permainan di lembaga PAUD/TK/RA harus kreatif, jeli dan inovatif dalam mengoptimalkan permainan di sekolah agar perkembangan dan kecerdasan anak dapat ditingkatkan. Anak akan merasa bahagia dan puas apabila kreativitas dapat membuat permainan menjadi menyenangkan. Maka perkembangan anak akan semakin optimal.

Belajar anak pada usia dini pada prinsipnya adalah belajar melalui permainan. Waktu bagi anak akan dihabiskan dengan aktivitas bermain. Dengan bermain anak akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru. Naluri anak yang senang bermain menjadikan seorang guru dalam mengelola proses pembelajarannya harus memperhatikan beberapa hal, meliputi konsep : bahan dan alat permainan yang sesuai dengan perkembangan anak, tujuan dan syarat permainan untuk anak, penggolongan kegiatan bermain anak, Termasuk implementasi penggunaan permainan dan alat bermain dalam kegiatan pembelajaran.

Bupati menegaskan ”Secanggih apapun kurikulumnya tanpa diiringi kemampuan guru menerapkan model pembelajaran, maka kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Demak, mustahil diperbaiki. Guru yang penuh cinta, berkomunikasi dengan positif, kreatif, dan menyenangkan akan sangat efektif dalam menanamkan karakter pada anak,”. (media center)