Menu Close

Bintek Pengembangan SID di Jawa Tengah

SEMARANG – SID (Sistem Informasi Desa) merupakan aplikasi profil desa yang menyajikan data tentang desa meliputi data kependudukan, data keuangan, data pembangunan, sumber daya alam data pemerintahan dan sebagainya. Dari 29 kabupaten di Jawa Tengah terdapat sekitar 7000 desa yang akan menerapkan SID. Sebagai langkah awal perlu adanya bimibingan teknis kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait guna sosialisasi SID. Kabupaten Demak mengirimkan 6 orang wakilnya yang berasal dari 5 OPD yakni : masing-masing 1 orang dari Dinkominfo, Bappeda Litbang, Dindukcapil, Dinsos P2 PA dan 2 orang dari Dinpermades P2 KB, yang salah satunya merupakan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat P3MD yang membidangi SID.

Bertempat di Ball Room Hotel Semesta Jl. KH. Wahid Hasyim Semarang Bintek pengembangan SID dibuka secara resmi oleh Kepala Dinpermades, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jawa Tengah Drs. Sudaryanto, M.Si. pada Rabu (19/4). Dalam sambutannya beliau berpesan agar semua peserta mengikuti bimbingan dengan baik agar SID dapat diterapkan untuk setiap desa di Jawa Tengah.  Tujuan daripada bintek adalah untuk memasivkan SID di seluruh desa se-Jawa Tengah.

Bintek yang digelar hingga tanggal 21 terssbut menghadirkan beberapa nara sumber sebagai pengembang dan penggiat SID. Dintaranya dari Dinkominfo provinsi Jawa Tengah yang memaparkan strategi implementasi SID yakni perlu adanya Single Data System (SDS). Selama ini di tiap OPD memiliki data yang bersifat sektoral. Untuk itu perlu dikomunikasikan melalui forum data yang akan menyatukan persepsi tiap OPD pemilik data. Sehingga tidak ada lagi dupliksi data, data bersifat akurat, akuntabel, up to date dan mudah didapat.

Bintek mengundang 175 peserta dari 29 kabupaten di Jawa Tengah. Untuk rencana tindak lanjut, bintek juga akan dilaksanakan di tingkat kabupaten. Para pengembang dan penggiat SID akan senantiasa siap menjadi nara sumbernya.

Secara resmi acara ditutup oleh Kepala Bidang Administrai Desa Dinpermades dan Dukcapil Provinsi Jawa Tengah Joko Mulyono, S.STP. M.Si. Dalam sambutannya Beliau berpesan agar 6 unsur terkait pengembangan SID agar bisa saling bersinergi dan menjadi team work yang baik untuk menerapkan SID pada daerahnya masing-masing.(kominfo)