Menu Close

Penyaluran Zakat PNS & Pegawai BUMD Demak

DEMAK – Bertempat di Hall Setda Demak dilakukan Pentasyarufan Zakat Fitrah dari PNS dan Pegawai BUMD se-Kabupaten Demak pada Selasa (13/6). Acara tersebut dikemas dengan tema “Menunaikan Zakat Menuai Manfaat”. Bupati Demak HM.Natsir berkenan menyerahkan secara simbolis bantuan zakat berupa beras dan uang kepada para Camat se-Kabupaten Demak. Acara Turut dihadiri oleh Wakil Bupati Drs. Joko Sutanto, Sekda Demak Dr. Singgih Setyono, M.Kes, para Asisten Sekda, dan Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Demak.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang mengundang fakir miskin ke halaman Setda, penyaluran zakat pada tahun ini dilakukankan ke desa/kelurahan melalui camat masing-masing. Sehingga diharapkan bisa lebih tepat sasaran.

“Saya minta kepada para Camat dapat mengkoordinasikan penyaluran zakat fitrah ini agar tepat sasaran. Berikan kepada pihak yang benar-benar membutuhkan. Jangan sampai orang yang tidak seharusnya menerima malah mendapat zakat, shodaqoh dan bantuan dari baznas. Sedangkan pihak yang seharusnya mendapatkan malah tidak diberi,” pesan Bupati.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Demak Bambang Soesetiyarto, S.IP bahwa jumlah zakat yang didistribusikan pada tahun 2017 ini adalah sebesar Rp. 242.880.000,- . Uang tersebut berasal dari 8080 ASN se-Kabupaten Demak yang membayar zakat fitrah. Jumlah tersebut mengalami penurunan secara signifikan bila dibandingkan tahun lalu karena banyaknya ASN yang sudah pensiun.

Zakat yang sudah terkumpul berupa uang tersebut digunakan untuk membeli beras sebanyak 24 ton kemudian ditasyarufkan kepada mereka yang berhak menerimanya, meliputi fakir miskin di desa/kelurahan, masing-masing sebanyak setengah kuintal, fakir miskin di lingkungan kecamatan masing-masing sebanyak 2 kuintal, fakir miskin panti asuhan sebanyak 5 ton serta selebihnya disalurkan melalui Baznas.

Pendistribusian zakat fitrah yang biasanya diberikan kepada fakir miskin di halaman Setda Demak sebanyak 5 ton disalurkan sekalian ke tiap kecamatan, masing-masing menerima 350 kg. “Jadi tiap kecamatan menerima jumlah total sebesar 550 kg dan disertai shodaqoh dari Bupati HM. Natsir dimana masing-masing kecamatan menerima Rp3.500.000,-,” tambah Bambang.

Pada kesempatan yang sama Bambang juga memaparkan bahwa Baznas juga akan menyalurkan zakat mal sebesar 2 juta rupiah untuk 20 lansia di setiap Desa/Kelurahan dengan jumlah keseluruhan 490 juta rupiah. Selain itu Baznas juga memberikan santunan kepada 4 anak cerdas dari keluarga yang tidak mampu asal Demak yang lolos perguruan tinggi berupa biaya kuliah, kos dan biaya hidup. “Kalau sudah lulus kuliah nanti diharapkan dapat mengabdikan diri di Kabupaten Demak,” imbuhnya. (media center)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *