Menu Close

UMKM Demak Berpotensi Go International

DEMAK – UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang diprioritaskan pengembangannya di Kabupaten Demak selain 3 sektor lain yaitu pertanian, kelautan perikanan dan pariwisata. UMKM diyakini sebagai sektor yang lebih tahan terhadap krisis, sebagai penggerak roda perekonomian daerah secara berkelanjutan serta sebagai pembuka lapangan pekerjaan. Hal tersebut dapat membantu pemerintah dalam upaya mengatasi masalah pengangguran. Keberadaan para pelaku UMKM, dapat mengangkat produk khas unggulan Demak di pasar nasional maupun internasional.

Melalui kegiatan Demak Expo diharapkan dapat terjalin kemitraan di antara pengusaha lokal sehingga tercipta iklim usaha yang baik bagi pasar domestik, termasuk bagi para pelaku UMKM. Mereka dapat lebih meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi segala persaingan yang ada, hingga memotovasi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk.

Hal tersebut disampaikan Bupati Demak, HM. Natsir pada acara pembukaan Demak Expo Tahun 2017 di halaman Stadion Pancasila Demak, Rabu (2/8). Acara dihadiri pula oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, Sekda dr. Singgih Setyono, M.Kes, Asisten Sekda, jajaran Forkopimda, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Bima Kartika, SH.MH. dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Demak Dra. Siti Zuarin, MM.

“Saya ucapkan Selamat Hari Koperasi Ke-70 yang diperingati pada tanggal 12 Juli lalu. Dimana Kabupaten Demak mendapat kado istimewa berupa prestasi “KUD Pringgodani Kecamatan Gajah Mendapat Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional. Serta UMKM ”Mitra Wijaya” Desa Sukorejo Kecamatan Guntur Berhasil Meraih Juara I Kreasi Produk Olahan Makanan Dan Design Kemasan Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Semoga prestasi ini dapat terus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan demi kemajuan Kabupaten Demak,” tambah Bupati.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Demak Dra. Siti Zuarin, MM mengatakan bahwa kegiatan Demak Expo merupakan acara puncak Peringatan Hari Koperasi ke-70 tingkat Kabupaten Demak. Kegiatan Demak Expo adalah kegiatan pekan promosi dan gelar produk Kabupaten Demak. Kegiatan yang mengambil tema “Koperasi dan UMKM Maju, Sukses dan Sejahtera” tersebut bertujuan untuk mempromosikan potensi  dan produk-produk unggulan Kabupaten Demak, menyajikan hiburan murah dan kreatif bagi masyarakat, menciptakan peluang pemasaran di tingkat lokal, regional, nasional bahkan go internasional, terciptanya kemitraan usaha antara mikro kecil dengan usaha menengah dan usaha besar, serta di antara usaha kecil, perbankan, BUMN dan BUMD, memberikan layanan informasi pengembangan dunia usaha, dan menumbuhkan rasa cinta dan bangga kepada produk lokal, bela dan beli produk UMKM.

Pada acara tersebut juga diluncurkanpelayanan metrologi legal yaitu metrologi untuk mengelola satuan ukuran, metoda-metoda pengukuran dan alat-alat ukur, yang menyangkut persyaratan teknik dan peraturan berdasarkan undang-undang. Tujuan Metrologi legal yaitu melindungi konsumen dari berbagai modus kecurangan dari alat ukur yang beredar di masyarakat. Dengan adanya pelayanan metrologi legal diharapkan dapat membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan tera atau tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) dengan harapan dan tuntutan warga negara sebagai upaya peningkatan kualitas dan  menjamin pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik dan transparan.

”Apabila nantinya pelaku usaha yang telah menggunakan UTTP melanggar Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal, akan dijerat dengan sanksi pidana penjara ataupun denda.  Untuk itu saya minta kepada para produsen/pedagang untuk dapat bertindak jujur dalam mengukur, menakar, dan menimbang barang-barang dagangannya agar konsumen/masyarakat memperoleh barang dengan kuantitas/jumlah yang benar dan sesuai. Ingatlah bahwa saat ini masyarakat kita sangat kritis. Mereka menginginkan adanya transaksi perdagangan yang terpercaya,” tegas Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyerahkan Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional Kategori Koperasi Konsumen kepada KUD Pringgodani Kecamatan Gajah, menyerahkan Sertifikat Halal, dan menyerahkan KUR dan Mitra Jateng dan Akte Notaris Forum UMKM Demak Kota Wali.

Kegiatan Demak Expo berlangsung selama 4 hari dari tanggal 2 s/d 5 Agustus 2017 tersebut diikuti oleh 96 stand yang terdiri dari para peserta pelaku ekonomi, dinas instansi, BUMD, BUMN maupun swasta dan dimeriahkan dengan beberapa hiburan seperti parade band lokal, fashion show anak, lomba rebana dan zipin. (media center)