Menu Close

Pemanfaatan Media Sosial Dengan Bijak

DEMAK – Diera Per Internetan Saat Ini Yang Merupakan Cikal Bakal Lahirnya Aplikasi Web Dan Aplikasi Media Sosial Menjadikan Segalanya Lebih Mudah, Lebih Murah,Lebih Cepat. Bisa Dikatakan Bahwa Dunia Ada Digenggaman Tangan Sehingga Segala Sesuatu Yang Dibutuhkan Manusia Bisa Dilakukan Dengan Cepat. Tumbuhnya Beragam Aplikasi Media Sosial Turut Menyemarakkan Panggung Internet. Mulai Dari Populer Dimasyarakat Yakni Face Book, Whatshap,Instagram,Twiter Dan Lain Sebagainya. Dari Penelitian Terungkap Masyarakat Indonesia Gemar Mengunjung Atau Menggunakan Media Sosial, Tercatat Kurang Lebih 130  Juta. Sedangkan Pengguna Internet Tercatat 132.7 Juta. Maka Jika Membandingkan Antara Jumlah Pengguna Internet Dan Jumlah Pengguna Media Sosial Berarti 97.9 % Pengguna Internet Telah Menggunakan Media Sosial. Jika Dihitung Dari Jumlah Penduduk Indonesia Yang Berjumlah 265.4 Juta Jiwa Berarti 48 % Nya Pengguna Medsos.

Dengan Banyaknya Pengguna Medsos Lahirlah Beragam Kepentingan Dan Beragam Pemanfaatannya Oleh Penggunanya. Semestinya Media Sosial Digunakan Untuk Berkomunikasi, Menyebarkan Dan Mencari Informasi,Menjadi Sarana Edukasi Dan Sebagai Media Publikasi/Promosi. Apabila Digunakan Dengan Benar Dan Bijak Tentunya Akan Mendatangkan Kebaikan Bagi Penggunanya Sendiri Dan Manfaat Yang Baik Bagi Warganet Pada Umumnya. Demikian Yang Disampaikan Indriyarto Widodo Sekretaris Dinas Komunikasi Dan Informatika Kab. Demak Yang Menjadi Nara Sumber Dalam Dialog Interaktif Dengan Radio Suara Kota Wali Fm.  Turut Hadir Mendampingi Diacara Tersebut Kepala Seksi Skdi Rudy Juga Selaku Nara Sumber.

Ditambahkan Oleh Rudy Bahwa Diterbitkanya Uu Informasi Dan Transaksi Elektronik No. 19 Tahun 2016 Atas Perubahan Uu No 11 Tahun 2008 Pada Dasarnya Untuk Membatasi Aktifitas Pengguna Internet Dan Medsos Dari Penyalah Gunaan. Pelanggaran Uu Ite Banyak Terjadi Dikarenakan Melakukan Penyebaran Berita Bohong/Hoax, Mengandung Unsur Sara, Penghinaan Dan Pencemaran Nama Baik,Memprovokasi Sehingga Dapat Menimbulkan Keresahan Dan Berdampak Memecah Persatuan. Adalagi Yang Digunakan Untuk Menipu, Transaksi Prostitusi Dan Ancaman.

Sementara Dinas Kominfo Kab,Demak Melalui Kedua Nara Sumber Diatas Berharap Untuk Semua Warganet Dapat Mentaati Uu Ite Agar Tidak Terjerat Masalah Hukum. Apalagi Ditahun Politik Saat Ini Yang Sebentar Lagi Pelaksanaan Pemilu Untuk Masing Masing Partisipan Partai Maupun Pendukung Peserta Capres-Cawapres Untuk Tidak Mengumbar Emosi Dalam Ranah Dukung Mendukung Idamanya Di Media Sosial. Jangan Sampai Melakukan Posting Atau Upload Yang Masuk Pada Pelanggaran Uu Ite Tersebut.  Gunakanlah Internet Dan Medsos Sebagaiman Mestinya Yang Bermanfaat. Ciptakan Eforia Medsos Yang Bijak Dan Bermartabat. [ Skdi ]

Bagikan