Menu Close

Dinkominfo Demak Siap Meniru Smart City Kota Semarang

SEMARANG – Dinas komunikasi dan informatika kab, Demak melakukan Study banding pada Dinas Komunikasi dan informatika Pemkot Semarang, kamis 2 mei 2019.  Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan tentang Smart City dari Pemkot Semarang yang nantinya akan diterapkan di kabupaten Demak. Rombongan yang dipimpin kepala dinas Kominfo Demak dra. Endah cahyarini.MM diterima oleh kepala dinas kominfo pemkot Semarang  Nana storada di ruang Situation Room yang berada diatas ruang kerja wali kota. Situation Room merupakan ruang monitor yang berfungsi sebagai pusat integrasi kegiatan seluruh Organisasi Perangkat Daerah(OPD) kota Semarang. Melalui  Ruang control inilah setiap kegiatan pelayanan dan pembanguan secara real time akan terpantau termasuk data data statistiknya.

Sementara, dalam menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut Endah cahya rini mengatakan, “ tujuan utama kami datang ke kota yakni ingin ngangsu kaweruh dan belajar secara tehnis tentang smart city kota yang sudah hebat ini, yang nantinya akan kami terapkan ilmu pengetahuan ini dikabupaten Demak”. Ditambahkanya bahwa tidak menutup kemungkinan Tim kecil dinkominfo Demak akan sering berkunjung untuk lebih mendalam belajarnya, sebab waktu satu hari pastinya tidak mencukupi.

Sedangkan Kadinas kominfo kota Nana storada dalam sambutanya menyampaikan bahwa dirinya sudah berkomitmen untuk membantu dan memberikan dukungan penuh bagi darah yang serius ingan belajar Smart City di kotanya. “ kami siap memberikan apa saja yang diperlukan oleh dinkominfo  Demak dalam membangun Smart City, apalagi tetangga dekat sedangkan banyak daerah luar kota bahkan luar propinsipun kami bantu semaksimal mungkin”.

Setelah berdiskusi dan berdialog rombongan diajak berkeliling memasuki ruang control/monitor, kemudian tuan rumah juga memamerkan ruang SDK( semarang digital system)  dan PIP ( pusat informasi Publik ) yang merupakan  ruang untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan informasi melalui internet. (RDY)

Bagikan