Menu Close

Sidak Kedisiplinan ASN Di Bulan Ramadlon

DEMAK – Kedisiplinan ASN/PNS merupakan sikap mental dan cerminan karakter perilaku yang wajib dimiliki oleh seluruh ASN/PNS. Sebagai aparatur pemerintah mereka wajib menjunjung inggi Integritas dan loyalitas. Namun tidak sedikit PNS/ASN yang melakukan pelanggaran maupun indisipliner, sehingga mereka menerima teguran dan sangsi dari lembaganya. Sering kali terlihat PNS yang berada di pusat perbelanjaan dan rumah makan pada jam kerja.  Pelanggaran ringan yang biasa terjadi yakni berangkat dan pulang bekerja tidak tepat waktu alias terlambat masuk dan pulang awal. Apalagi disaat bulan ramadlan sepertti saat ini semakin kuat untuk jadi alasan.

Sementara itu guna menekan pelanggaran disiplin aparatur sipil negara dilingkungan pemerintah kabubupaten Demak. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan kab Demak melaksanakan inspeksi mendadak dengan menyebar tim ke beberapa Organisasi Pemerintah Daerah,kamis 9 mei. Menurut Sudono salah satu tim sidak bahwa hari ini ada lima OPD yang kita sambangi, “ sidak hari ini kita fokuskan pada lima OPD diantaranya Dinas komunikasi dan Informatika, Dinas perpustakaan dan arsip, Dinas lingkungan Hidup dan Dinas tenaga kerja dan perindustrian”. Ditambahkanya tujuan sidak disamping memantau absensi kehadiran juga melihat dari dekat sejauh mana pengaruh bulan puasa ini terhadap kinerja PNS. Kemudian Giat kali ini juga untuk updating alat absensi personil (finger print) yang ada ditiap tiap OPD. Adapun sidak yang dilakukan masih ditemukanya PNS/ASN yang kurang mematuhi jam kerja, namun demikian pada satnya nanti para pelanggar jam kerja tersebut akan diberikan pembinaan serta akan di Apelkan DiSekretariat Daerah dengan Pembina Apel SekDa Demak.

Menurut Dra. Endah cahyarini kepala dinas kominfo Demak saat mendampingi Tim Sidak dari BKPP, mengatakan Untuk personil dinas kominfo alhamdulilah disiplin dan tertib sehingga tidak ada temuan personil yang melanggar, ditambahkanya bahwa sebelum masuk bulan ramadlan dirinya telah memotivasi pegawainya untuk tetap disiplin dan meningkatkan kinerjanya di bulan puasa, dan jangan jadikan bulan puasa ini untuk alasan bermalas malasan. (rdy)