Menu Close

Kominfo Demak Himpun Aplikasi Web OPD

DEMAK – Dalam Rangka Integrasi Data di Pemerintahan Kabupaten Demak menuju Demak Smart City dalam kegiatan melaksanakan pendataan/sistem aplikasi di seluruh OPD di Kabupaten Demak. Kegiatan ini di laksanakan dari tanggal 21 Mei  s/d 31 Mei 2019. Tujuan selain mengetahui Sistem Informasi yang dikelola oleh masing-masing OPD juga untuk mendapatkan API (Application Programming Interface) dan SC (Source Code) agar di integrasikan dalam satu Dashboard Demak Smart City.

Menurut Kepala Dinkominfo Kabupaten Demak Drs. Endah Cahya Rini, MM kegiatan ini merupakan kegiatan Jemput Bola, agar segera dapat difasilitasi untuk pengembangan dan agar mempermudah masyarakat dan pimpinan daerah untuk mengetahui Demak dalam Sistem Informasi dan Data.

Kepala Bidang Informatika dan Persandian (Harso Gutomo, ST) menjelaskan bahwa selama ini di Kabupaten Demak terdapat 91 sistem informasi, sehingga ada yang API dan SC sebagian lagi masalah mempunyai. Sehingga kita harus mencari solusi dari permasalahan ini agar Sistem Informasi dan Data dapat dilaksanakan.

Dari salah satu Petugas pendataan Abduh Ibnu Said dan mempunyai kendala pendataan ini adalah sumber daya manusia yang belum ada di OPD masing-masing dan kebanyakan OPD yang mempunyai aplikasi dari proper dan ada yang pengelolanya mutasi sehingga tidak diteruskan atau dimanfaatkan oleh OPD tersebut. Selama 3 hari yang berlangsung mulai tanggal 21 Mei 2019 Kominfo mendata ada 18 OPD dan target pendataan tersebut sampai tanggal 31 Mei 2019.

Kegiatan ini merupakan kegiatan dari membangun komitmen bersama untuk percepatan terwujudnya Demak Smart City dan Kabupaten Informatif yang dilaksanakan 16 Mei 2019, yang bertempat di Ruang Pertemuan Gradika Bina Praja. (fny)

Bagikan