Menu Close

Percepatan Pemkab Demak Menuju Smart City

DEMAK – Pemerintah kabupaten Demak bertekad mewujudkan kabupaten Smart City, menyusul adanya kesepakatan atau MOU tentang gerakan 100 Smart city tahun 2019 dengan kementrian kominfo beberapa waktu lalu. Melalui dinas kominfo kabupaten Demak sebagai leading sector program Smart city, bertempat di gedung Grradhika bina praja rabu (29/05/19) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tim pelaksana Demak smart city. Sosialisasi yang dibuka oleh sekda Demak dr. Singgih Setyono.MM dihadiri seluruh anggota dewan smart city termasuk didalamnya Bupati dan Wakil bupati Demak. Sesuai dengan salah satu klausul pada nota kesepakatan ( MOU ) antara pemkab Demak dan kementrian Kominfo pada pasal empat (4) pasal ayat 2 menyebutkan bahwa pihak ke dua harus membentuk Dewan smart city yang beranggotakan semua kepala OPD dan pakar Smart City serta melibatkan kalangan akademisi. Untuk itu Seluruh Pejabat yang tergabung dalam dewan ini harus siap dan smangat dalam melaksanakan program ini, jelas Singgih setyono.

Kepala Dinas Kominfo kab Demak dra. Endah Cahyarini MM dalam paparanya menyampaikan bahwa ada empat (4)  prioritas yang wajib terealisasi untuk mewujudkan Smart City yakni Aplikasi single data system,kesiapan Open Data,masuk daftar 100 kota pintar dan Jaringan Informasi Geospasial Daerah. “ untuk mewujudkannya tentu ada konskuensi logis terkait dengan pembiayaan pada sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan, yang artinya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit” kata endah cahyarini.

Dalam kesempatan tersebut Bupati dan wakil bupati Demak sangat mendukung dan mengharapkan segera terealisasi ditahun 2020 karena mewujudkan kota cerdas merupakan program unggulan bupati dan wabup yang targetnya ditahun 2021. “ program yang sudah direncanakan ini harus didukung penuh dan terealisasi entah bagaimana caranya, prioritas pada anggaran untuk mendukung penambahan bandwidth yang ada akan menjadi perhatian khusus” kata bupati HM. Natsir. Sementara itu diakhir acara Bupati menandatangani struktur Dewan Smart city, SK tim Pelaksana Smart City dan SK Pengaduan, yang merupakan bagian dari smart city. (rdy)

Bagikan