Menu Close

Hindari Kemacetan Jalur Demak – Semarang Pada Musim Rob

DEMAK – Naiknya air laut ke daratan (rob)  merupakan fenomena musiman  setiap tahun. Penyebabnya  adalah penurunan permukaan tanah dan meningginya air laut akibat dari pemanasan suhu bumi.
Desa sriwulan kecamatan Sayung adalah  salah satu desa yang sering rob. Rob ini menggenangi jalur utama trans Jawa tepatnya di jalur Demak – Semarang. Sehingga menyebabkan kemacetan lebih dr 3 km dari desa Sidogemah sampai Desa Sriwulan. Kendaraan yang melintas harus antri untuk menlintasi jalur yang terganang rob.

“Macet terjadi mulai dari putaran jalur di desa sidogemah sampai depan PT. HIT di Desa Sriwulan Kecamatan Sayung”. tutur Aziz (28), salah seorang pengendara motor yang tiap hari melewati jalur tersebut, Rabu (12/6). “Pengendara cenderung mengurangi laju kendaraanya untuk menghindari genangan rob ini. Rob biasanya mulai jam 2 siang dan semakin tinggi pada saat jam pulang kerja.” tambahnya.

Untuk para pengendara yang akan melintasi jalur tersebut dihimbau sebaiknya menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan. Dari Demak untuk menuju ke Semarang bisa lewat jalur Onggorawe tembus Bulusari sampai Genuk di atas jam 1 siang.

Musim rob biasanya terjadi sekitar 1 hingga 2 minggu ke depan. (fny)

Bagikan