Menu Close

Aplikasi Integrasi Data, Gerbang Menuju Demak Smart City

DEMAK – Mewujudkan kota pintar merupakan salah satu 16 program unggulan Bupati Demak, yaitu Program Demak Smart City (Kota Pintar Berbasis IT). Banyak upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Demak untuk mewujudkan program tersebut. Salah satunya adalah membangun Aplikasi Integrasi Data yang sudah dilakukan oleh Dinas Kominfo Demak. Menurut Ka. Bidang Informatika dan Persandian Harso Gutomo, ST, pembangunan aplikasi tersebut nantinya diharapakan dapat menyatukan data dari beberapa aplikasi yang sudah ada, sekaligus dapat memberikan informasi tentang Kabupaten Demak secara tepat dan akurat. Hal itu disampaikannya di sela-sela breafing staf Bidang Informatika dan Persandian pada Selasa (18/6) di ruang kerjanya.

“Dengan menyatukan data yang akurat, maka tidak akan lagi kerancuan karena duplikasi data, seta dapat mempermudah tindakan yang akan dilakukan dengan data yang telah diperoleh tersebut. Dengan demikian apapun yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Demak dalam menentukan kebiajakan pembangunan daerah, setidaknya mengacu pada data-data yang telah tersaji di dalam Aplikasi Integrasi Data” Terangnya.

Aplikasi Integrasi Data dapat diakses dengan alamat http://integrasi.demakkab.go.id/, atau dapat diinstali melalui Google Play Store di smart phone. Berisi delapan menu integrasi data, yaitu data kependudukan, kesehatan, kepegawaian, perijinan, kependidikan, keuangan, perencanaan dan menara telekomunikasi. (mk)

Bagikan