Menu Close

Pemetaan FO untuk Menunjang Demak Smart City

DEMAK – Dinkominfo kab. Demak melakukan pendataan penggelaran kabel optik yang melalui wilayah kabupaten Demak. Pendataan dilakukan dalam rangka pemetaan penggelaran kabel telekomunikasi. Langkah ini dimaksudkan untuk melihat kemungkinan dilakukannya sharing utility/penggunaan bersama antara pemerintah kab demak dengan penyelenggara penggelaran kabel untuk memenuhi kebutuhan kapasitas bandwith sebagai penunjang program Demak Smart City.

Dari pendataan yang dilakukan teridentifikasi ada 11 perusahaan penyelenggara penggelaran kabel telekomonikasi dengan panjang  202,272 km. Adapun rute yang jadi primadona untuk dilalui pada jalur pantura semarang sampai dengan kudus dan rute wilayah barat meliputi mranggen hingga karangawen.

Penggelaran kabel telekomunikasi secara explisit diatur melalui peraturan bupati no 14 tahun 2012 yakni setiap pelaksanaan penggelara harus mendapatkan rekomendasi dari dinas kominfo Demak melalui seksi menara telekomonikas. Salah satu persyaratan dikeluarkan untuk rekomendasi adalah kesanggupan penyelenggara untuk memperbaiki/mengembalikan fasilitas yang digunakan minimal ke kondisi semula. (jd)

Bagikan