Menu Close

Penanganan Trouble Jaringan Internet Pemda Demak

DEMAK – Salah satu tugas pokok dan fungsi Bidang Informatika dan Persandian Dinkominfo Demak adalah Pelayanan dan Pengembangan Jaringan. Jaringan internet merupakan sarana yang sangat penting untuk menunjang kelancaran pekerjaan, terutama dalam hal lalu-lintas data. Pendistribusian data apapun dapat dilakukan melalui jaringan internet.

Jika terjadi trouble jaringan internet, opd pengguna dapat melaporkan pada Dinas Kominfo untuk kemudian dapata ditindak lanjuti. Dengan mengirim petugas atau tim jaringan untuk menanganinya.

Sementara pada Kamis, (20/6) bertempat di ruang pusat jaringan Pemda Demak, dua staf Bidang Informatika dan Persandian Dinas Kominfo Demak yaitu Suwandi dan M. Abduh Ibnu Said, S. Kom. mendapatkan tugas untuk menangani trouble jaringan internet saat itu. Keduanya melakukan kontak dengan penyedia jasa layanan Internet PT. Graha Media yaitu Lilik Sugiyanto untuk meremote modem.

Konfigurasi settingan modem dilakukan, sehingga didapatkan konfigurasi yang tepat untuk memperlancar kembali koneksi jaringan internet yang tersebar di semua OPD se-Kabupaten Demak.

“Harus ada keseimbangan traffic perbandingan antara download dan upload untuk meyakinkan bahwa koneksi internet stabil.” Kata Ibnu saat melakukan speed test untuk menguji kelancaran koneksi internet. “Maximal harus terpaut 1 angka antara download dan upload.” tambahnya. (mk)

Bagikan