Menu Close

Melestarikan Seni Budaya Melalui Seleksi Pertunjukan Rakyat

BATANG – Forum komunikasi media tradisional(fk metra) kab. Demak mengikuti seleksi pertunjukan rakyat dipendopo kabupaten Batang, junat (21/6/19). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas kominfo prop. jawa tengah sebagai leading sektor diikuti enam kabupaten ,adapun peserta lainya dari kab. kudus,klaten,Sukoharjo,kebumen dan Batang. Suguhan tari batik gringsing yang dimainkan oleh siswi sekolah sebagai hiburan pembuka acara sebelum secara resmi di buka oleh wakil bupati Batang Suyono.

Hadir pada acara tersebut kadinas kominfo propinsi jawa tengah yang diwakili Ka bidang IKP dan kepala dinas kominfo peserta seleksi.
kadinas kominfo Batang jamal dalam sambutan selamat datang menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan ini untuk membina dan melestarikan fk metra sejawa tengah serta mengenalkan fk metra pd masyarakat, sebagai media yang menyampaikan pesan melalui diseminasi. Selaku penyelenggara kadinas kominfo propinsi yang diwakili kabid ikp setyo irawan mengatakan fk metra dimaksudkan utk penyampaian informasi atau pun publikasi pada masyarakat melalui seni maupun budaya. “Tujuan utama festval ini bukan mencari juara tapi mengenalkan dan memelihara kesenian tradisional daearah” terangnya. Sementara wakil bupati batang Suyono dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa setiap orang wajib mempertahankan melestarikan dan menguri nguri budaya agar tidak tergerus oleh jaman. Dalam kesempatan tersebut wabup memberi contoh pelajaran berharga kepada tamu undangan dan penonton dengan secara sepontan memberikan uang kepada siswa yatim yang turut menyaksikan. “Ada tidak siswa yang hadir disini berstatus yatim kalo ada coba maju ke depan saya” kata Suyono. Selanjutnya dua siswa dengan berseragam pramuka maju kedepan. Jangan dilihat jumlahnya namun ini bagian dari pelajaran untuk saling mengasihi dan mengingatkan kepada para siswa jika lusa menjadi pejabat jangan lupa dgn bersedekah pada sesama.
Selanjutnya dalam nomor undian, kabupaten Demak tampil diurutan empat disusul kab.Batang di nomor lima. Penampilan nomor undi 3 hingga nomor lima dilaksanakan malam hari dimungkinkan acara selesai pukul 22.00 wib. Kepala dinas kominfo Demak Endah Cahyarini memotifasi tim Demak dengan menyaksikan hingga selesai. ” Meski sampai malam hari kita semua tetap semangat, semoga lelah kita malam ini menjadi berkah membawa nama Demak menjadi yang terbaik dari yang baik.” katanya. Sesuai urutan nomor undi penampilan Kabupaten Klaten yang pertama, ke dua kab. Kebumen dan Kudus urutan ketiga. Sedangkan satu peserta tidak turut tampil dari kabupaten Sukoharjo. (rdy)

Bagikan