Menu Close

Tahun Depan Demak Harus WTP Lagi

DEMAK – Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali diraih Kabupaten Demak. Ini merupakan kali ketiga Demak meraih predikat bergengsi dari BPK RI. WTP diperoleh atas penilaian kinerja pemerintahan sebagaimana Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018.

Dengan kembali diraihnya Opini WTP membuktikan bahwa laporan keuangan Kabupaten Demak akuntabel. Demak dinilai berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Guna mempertahankan opini WTP tahun anggaran 2019, Pemkab Demak berupaya keras, lebih bersemangat dan lebih disiplin dalam menyusun laporan keuangan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menindaklanjuti hasil temuan BPK yang tahun ini diharapkan dapat mencapai 90 persen dengan kualitas yang lebih baik dari tahun lalu. Demikian disampaikan Inspektur Kabupaten Demak, Kurniawan Arifendi, ST dalam acara Rakor Tindak Lanjut Temuan BPK RI di Bina Praja beberapa waktu lalu. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Demak, dr. Singgih Setyono, MKes dan seluruh kepala OPD. Dikatakan pula bahwa pada bulan September nanti akan dilakukan pemeriksaan interim terhadap OPD yang mengampu kegiatan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan gedung. Dengan tujuan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas hasil pekerjaan. (NDR)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *