Menu Close

Konsultasi di BSrE Terkait Penerapan Sertifikat Elektronik

JAKARTA – Dalam rangka mendukung terwujudnya Demak Smart City, maka perlu penerapan sertifikat digital dan tanda tangan elektronik. Upaya tersebut ditempuh Dinas Kominfo Demak dengan berkonsultasi pada Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Jl. Harsono RM 70 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (25/6).

Kunjungan yang dilakukan oleh Ka. Dinas Kominfo Demak Drs. Endah Cahyarini, MM. didamping Ka. Seksi Persandian Bimo Ajar Sumawono, ST. bertujuan untuk konsultasi berkaitan dengan penerapan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital. Dua staf BSrE Elena Sabrina, S.Tr. TP. dan Faizan Aditya, S.Tr. TP. menerima kunjungan tersebut di ruang pertemuan.

“Kami menyadari bahwa keamanan informasi itu sangat penting, mengingat di era digital seperti saat ini, berbagai tantangan, potensi dan risiko perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi, menuntut kami untuk memahami sistem keamanan informasi serta penanganan insiden cyber secara tepat”, kata Endah.” Dengan kecanggihan yang dimiliki oleh para hacker, bisa saja data-data yang kami miliki diserang dan dimodifikasi, sehinga menyimpang dan tidak akurat.” tambahnya.

Menanggapi Hal tersebut, Faizan Aditya, S.Tr. TP. menyatakan bahwa insiden cyber seperti itu dinamakan man in the middle attack. “Oleh karena itu penggunaan sertifikat digital sangat dibutuhkan untuk menjamin otentifikasi dari data tersebut.” tegas Faizan.

Dia juga menambahkan, Implementasi sertifikat elektronik merupakan perwujudan dari perlindungan data dan informasi dari aspek otentikasi, integritas, dan anti penyangkalan. Pemanfaatan sertifikat elektronik mampu mendorong tersedianya data yang akurat demi peningkatan kepercayaan masyarakat kepada Dinas Kominfo Demak. (mk)

Bagikan