Menu Close

Back-up Data Penting untuk Menangani Serangan dan Kegagalan Sistem

DEMAK – Dinas Kominfo wajib memiliki back-up data yang tersimpan dalam media penyimpanan terpadu. Termasuk diantaranya data-data yang terpublis di website OPD se-Kabupaten Demak. Demikian disampaikan Ka. Seksi Sistem dan Program Aplikasi Dinas Kominfo Demak Andy Kurniawan, S. Kom. saat menerima staf Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkom & UKM) Anton Harahap di ruang kerja Bidang Informatika dan Persandian, Kamis (27/6).

Menurut Anton, saat ini website resmi Dindagkop & UKM terkena serangan hacker, sehingga tampilan pada website kami tersebut menjadi acak-acakan. “Semalam saat hendak mengupdate website Dindagkop & UKM, namun tampilannya acak-acakan, dan saya menduga kalau website kami terkena serangan hacker.” tutur Anto.

“Untuk itu Kami mohon Dinas Kominfo dapat membantu menangani masalah tersebut dengan memberikan back-up database dan source code terakhir yang tersimpan secara offline dalam media penyimpanan Dinas Kominfo Demak.” lanjutnya.

Menurut Andy, Keberadaan back-up data sangat penting, terutama data-data yang terpublis melalui website maupun aplikasi, karena rentan serangan hacker maupun kegagalan sistem. “Kami selalu melakukan proses back-up data secara berkala, sehingga apapun masalah yang terjadi berkaitan dengan publikasi data, kami memiliki cadangan data untuk sesegera mungkin mempublikasikannya kembali.” jelasnya. (mk)

Bagikan