Menu Close

Fiber Optik, Komponen Percepatan Demak Smart City

DEMAK – Kecepatan akses yang tinggi dalam suatu jaringan pastinya menjadi hal yang paling dicari terutama untuk keperluan browsing di internet. Hal inilah yang melatarbelakangi kemunculan kabel fiber optik dan dalam sekejap langsung mendapatkan tempat tersendiri di masyarakat. Kebutuhan kabel listrik dan fiber optik di tanah air masih tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya, tak terkecuali di Kabupaten Demak.

Kamis (27/6) bertempat di ruang pertemuan Dinas Komunikasi dan Informatika, digelar uji materi dari PT Era Bangun Telecomindo yang mengajukan permohonan rekomendasi pemasangan jaringan utilitas berupa penarikan kabel fiber optik pada ruas jalan kabupaten sepanjang 170 km melewati hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Demak. Kegiatan uji materi yang dipimpin oleh Kepala Dinkominfo Demak, Dra. Endah Cahya Rini, MM tersebut dihadiri oleh jajaran Era Bangun Telecomindo yakni Widiarto Pamilih selaku Manager PT. Era Bangun Jaya sebagai pejabat penerima kuasa dari Dirut PT. Era Bangun Telecomindo, Sumihar, Faisal Ambarita, dan para pejabat struktural Dinkominfo.

Widiarto mengatakan bahwa penggelaran kabel fiber optik lewat udara tersebut ditujukan untuk tower bersama yang ada provider XL nya. Sehingga diharapkan koneksi internet akan lebih cepat dan stabil. Pada kesempatan tersebut Kadinkominfo juga mengingatkan agar pemohon dalam hal ini PT. Era Bangun Telecomindo mematuhi dan menaati semua persyaratan yang ada. Dengan demikian ijin rekomendasi juga bisa cepat keluar, mengingat Dinas Kominfo merupakan instansi yang berwenang mengeluarkan rekomendasi ijin galian kabel telekomunikasi. Setelah melakukan uji materi, jajaran Kominfo dan PT. Era Bangun Telecomindo melakukan tinjauan lokasi penggelaran kabel fiber optik.

Sesuai Perda Kabupaten Demak Nomor 1 Tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, diharapkan PT. Era bangun Telecomindo dapat turut berpartisipasi mewujudkan komitmen dan kepedulian perusahaan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Kabupaten Demak melalui program CSR (Corporate Social Responsibility). “Saya berharap CSR yang diberikan nantinya dapat mendukung salah satu program unggulan pemerintah yaitu Demak Smart City. PT. Era Bangun Telecomindo diharapkan dapat menjadi pelopor CSR bagi perusahaan bidang telekomunikasi lainnya”, lanjut Kadinkominfo. (NDR)

Bagikan