Menu Close

Suasana Jadul Mengiringi Harlah Oglek

Demak –  Komunitas pecinta sepeda tua yang tergabung dalam Organisasi Genjot Lawas Kalijaga ( oglek ) memperingati hari jadinya ke 9 tahun minggu (14/7). Adapun peringatan terbentuknya Oglek dilaksanakan dalam kesederhanaan diisi dengan kegiatan religi berziarah dimakam kanjeng Sultan fatah Raja pertama kasultanan Demak dikompleks Masjid Agung dan Makam Kanjeng Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu wali sembilan diKadilangu. Selain juga melakukan anjangsana dan mendoakan arwah pendiri maupun anggota Oglek yang telah meninggal dunia. Minggu pagi 50 pecinta sepeda tua berkumpul di alun alun demak dengan berseragam khas daerah baju adat hitam berikat kepala serta baju sorjan khas kanjeng sunan kalijaga. Ketua Oglek Sunu Dwi Sudarsono mengatakan ” agenda peringatan ini diawali dengan ziarah ke Sultan fatah dilanjutkan bersepeda kelililing kota sambil menuju makam Sunan kalijaga , untuk selanjutnya berkeliling kota dan beranjangsana ke anggota maupun pendiri oglek yang telah meninggal dunia”. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan destinasi wisata ziarah wali kepada publik, bahwa Demak memiliki ikon Destinasi Wisata Religi tambahnya.

Nuansa sejarah terlihat dalam kegiatan komunitas sepeda tua ini selain memakai baju adat mereka juga memasang variasi pernak pernik jadul dan menghias sepeda dengan atribut organisasi seperti bendera, stiker bahkan memasang audio untuk memutar lagu langgam jawa untuk mengiringi perjalanannya.

melestarikan budaya dan olah raga

Humas Oglek Rudy ryan mengatakan bahwa oglek terbentuk
karena terdorong rasa ingin melestarikan dan merawat alat transportasi peninggalan sejarah selain itu turut nguri nguri budaya khususnya jawa. ” Sepeda tua bila tidak kita lestarikan dan menjaganya pasti akan punah tergerus zaman dengan munculnya sepeda modern, dan saat ini pupulasinya sudah sedikit dan tidak mudah ditemui dijalanan”. ditambahkanya bahwa kegiatan bersepeda termasuk olah raga ringan yang turut mengurangi potensi polusi pencemaran udara. Yang lebih penting turut mendukung program pemerintah kabupaten Demak yang sedang merintis wisata sepeda dengan melintasi wilayah yang memiliki potensi unggulan seperti penghasil buah khas jambu delima, citra,belimbing dan destinasi wisata lainya seperti destinasi religi, pantai dan mangrove.(kominfo)