Menu Close

Perawatan Kereta Kencana Jelang Kirab Penjamasan Pusaka

DEMAK – Pemandangan beda terlihat di halaman parkir belakang Dinas Pariwisata Demak. Tampak beberapa kereta kencana turut parkir bersama kendaraan bermesin milik pegawai dinas setempat. Kabid promosi dan pemasaran Dinas pariwisata Ardhito Prabowo mengatakan, kereta kencana tersebut merupakan titihan (transportasi) kanjeng adipati dan tumenggung serta lurah tamtama dalam kirab penjamasan pusaka sunan kalijaga.

Sebelum digunakan kirab pada puncak gerebeg besar tanggal 10 dzulhijah/ 11 Agustus 2019, kereta tersebut membutuhkan perawatan dan servis serta mengganti suku cadang bila diperlukan. Kereta tersebut nantinya akan dinaiki oleh bupati , wakil bupati dan sekda masing masing beserta istri dalam iringan kirab. Untuk lurah tamtama menaiki kereta dengan membawa bokor tempat minyak jamas yang didapat dari keraton Solo.

Pelaksanaan perjalanan kirab dari pendopo kabupaten menuju makam Sunan Kalijaga berjarak 3 km dikawal oleh prajurit patang puluhan yang merupakan prajurit pilihan pengawal raja berjumlah 40 orang. ” Perawatan dan servis kereta dilakukan oleh tehnisi khusus datang dari Boyolali jadi tidak bisa dilakukan oleh tenaga lain” jelas kiswanto staf dinas setempat. Sementara untuk menarik kereta tidak bisa menggunakan kuda biasa atau lokal, namun membutuhkan kuda khusus dan terlatih sebab menarik kereta kencana tidak satu kuda namun berpasangan. Kuda kuda pilihan berikut kusir sang penemudi didatangkan dari kota Boyolali. (rdy)

Bagikan