Ajak Masyarakat Optimalkan Lahan Untuk Pertanian

Demak – Pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian sebagian masyarakat tumbuh negatif atau mengalami kemrosotan. Keadaan itu terjadi karena pembatasan mobilitas guna menekan penyebaran Covid-19. Untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinpertan) Kabupaten Demak mengajak ibu-ibu untuk memanfaatkan lahan pekarangan.

Kepala Bidang Katahanan Pangan Dinpertan, Dewi Suciati menyampaikan pengoptimalan lahan pertanian bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga terutama di masa pandemi, seperti ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga dan keterjangkauan pangan lebih mudah.

“Dengan pengoptimalan lahan keterjangkauan pangan untuk keluarga menjadi lebih mudah kerena menanam sendiri di pekarangan, artinya tidak harus beli. Selain itu mengurangi pengeluarana keluarga, sehingga pendapatan meningkat dan kesejahteraan meningkat,” ujar Dewi usai memberikan materi di Aula Dinpertan Demak.

Dewi menjelaskan, peserta diikuti 12 Kelompok Wanita Tani (KWT) akan mendapatkan bantuan benih dan pupuk meliputi bibit cabai, bibit terong, cabe rawit, cabe kriting, tomat dan pupuk kompos.

“Sasaran ada 12 kelompok yang di bagi menjadi 2 sesi guna menerapkan protkes. Setiap pertemuan 36 orang,”terangnya.

Ditambahkan Dewi, dalam kegiatan sosialisasi , peserta dibekali pemahaman kebijakan ketahanan pangan, cara budidaya, dan pertanian aman.

“Harapannya saat peserta mendapat bantuan bibit sudah ada bekal untuk mengaplikasikannya. Kita arahnya memang pertanian organik, agar aman dikonsumsi dan ramah lingkungan”, pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags pertanian-dan-perkebunan bencana

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 367
Kunjungan Bulan Ini : 1368
Kunjungan Tahun Ini : 197894

Ikuti Kami