Angkutan Wisata Ojek Aman dan Nyaman, Mungkinkah?

Demak – Untuk menciptkan Demak aman dan nyaman khususnya untuk pariwisatan religi Masjid Agung Demak dan Sunan Kalijaga perlu dilakukan upaya pre-emptif, preventif dan penegakan hukum.

Adapun langkah pre-emptif yang dilakukan untuk pelaku angkutan wisata khusunya tukang ojek yaitu memberikan edukasi bagaimana menjaga ketertiban di jalan, untuk langkah preventif yakni melakukan pengaturan dijalan sehingga lebih tertib dalam berkendara. Sedangkan untuk penegakan hukum dengan diberikan sanksi bagi pengendara yang melanggar.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono saat menjadi narasumber talkshow bertemakan ‘Angkutan Wisata Ojek Aman dan Nyaman, Mungkinkah?’ bersama pelaku angkutan wisata Korlap Ojek Masjid Agung Demak Immanudin serta Korlap Ojek Tembiring Fatkur Rahman, di Studio Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM, Selasa (24/01/23).

Kapolres berpesan kepada masyarakat pengguna jalan khususnya tukang ojek wisata harus mentaati peraturan lalu lintas. 

“Kita sampaikan kepada masyarakat, sekarang Polantas di perbolehkan untuk tilang manual. Tilang etle tetap, tapi manual juga diperbolehkan. Tentunya yang melanggar peraturan lalu lintas dan membahayakan pengguna lain akan kita tilang,”kata Budi.

Kapolres mencatat berbagai pelanggaran yang dilakukan pelaku ojek wisata di Demak diantaranya, penumpang lebih dari satu, penumpang tidak menggunakan helm serta penggemudi ugal-ugalan.

“Tindakan seperti itu tentunya sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Jadi kami ingin Koordinator Lapangan ini punya tanggung jawab untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anggotanya. Tujuannya itu agar tidak ada korban. Masyarakat dan pariwisatawan yang datang ke Demak juga merasa aman dan nyaman. Sehingga dapat memberikan citra baik untuk Demak dan mereka para wisatawan mau datang ke Demak kembali,” jelas Kapolres.

Sedangkan, Korlap Ojek Tembiring Fatkur Rahman meminta dari pihak kepolisian untul menerjunkan petugas untuk memberikan edukasi dan sosialisai terkait pembelajaran safety riding

“kami berharap dari bapak Kapolres dapat memberikan sosialisasi dan edukasi bagaimana berkendara dengan aman dan nyaman.  Hal ini sangat penting untuk membantu organisasi kami,”ungkap Fatkur Rahman.

Sementara itu, Korlap Ojek Masjid Agung Demak Immanudin mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari Aparat Kepolisian dan Dinas terkait untuk menata wisata Demak lebih baik lagi.

“Saya sangat senang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak di pimpin oleh Bu Endah, karena ada kepedulian untuk menciptakan Sapta Pesona ini, sehingga dapat menciptakan Pariwisata Demak aman dan nyaman,”pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 331
Kunjungan Bulan Ini : 15139
Kunjungan Tahun Ini : 15139

Ikuti Kami