Aplikasi Siroleg Sebagai Media Pelaporan Rokok Ilegal

Demak-  Sebagai  upaya meningkatkan sinergi pengawasan di bidang hasil tembakau, satpol PP kabupaten Demak menggelar rakor dan bimtek pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Rokok Ilegal ( Siroleg) . Acara yang di ikuti tim satgas pemberantasan rokok ilegal dibuka oleh bupati Eisti'anah berlangsung di ruang hall wakil bupati Demak, di hadiri kabag Perekonomian dan SDA Arif Sudaryanto dan narsum dari Bea cukai Semarang, Selasa ( 30/1/23).

Dalam laporanya Plt. Kasatpol PP Muh. Ridhodin menyampaikan, maksud di selenggarakanya pelatihan ini untuk memberikan pemahaman bagi instansi daerah dalam bersinergi menggempur rokok ilegal. 

" Untuk tujuannya diharapkan dapat membantu penekanan peredaran rokok ilegal terutama di wilayah Demak" Kata Muh. Ridhodin. 

Sementara Bupati Eisti'anah dalam membuka pelatihan tersebut berpesan agar peserta untuk dapat mengikuti dengan serius sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai dengan maximal. Aplikasi Siroleg adalah aplikasi untuk melakukan pendataan dan penyampaian informasi atau pelaporan  adanya rokok ilegal 
Dan aplikasi berbasis IT yang menjadi wadah  pengumpulan informasi peredaran rokok ilegal. 

" Dengan adanya sistem pelaporan siroleg ini tentunya mempermudah pelaporan hasil temuan dilapangan. Pengawasan yang intens terhadap rokok ilegal tentunya dapat menyelamatkan rokok berpita cukai resmi. DBHCHT ini kembali ke masyarakat dan dapat dimanfaatkan masyarakat" Kata Bupati Eist'anah. 

Pada kesempatan tersebut bupati bersama kasatpol PP dan perwakilan Polres secara bergantian memakaikan rompi gempur rokok ilegal kepada perwakilan peserta. 

Jenis BKC

Adapun jenis barang kena cukai menurut Khaerul  Anam dari bea cukai Semarang ada tiga jenis yakni  Hasil Tembakau contohnya rokok, kemudian Minuman mengandung Etil Alkohol dan Etil Alkohol. 

" Nah mengapa pita cukai setiap tahunya berganti, sebab pembaharuan design pita cukai tiap tahunya sebagai upaya bea cukai dalam pengamanan untuk mencegah pemalsuan pita cukai yang merugikan negara dan masyarakat" Jelas khaerul Anam. (kominfo/ rd)

Tags ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 23
Kunjungan Hari Ini : 1255
Kunjungan Bulan Ini : 15596
Kunjungan Tahun Ini : 161563

Ikuti Kami