Berdayakan PonPes Melalui Aplikasi Jogo Santri

Demak – Dalam rangka mendukung program smart city di Kabupaten Demak dalam implementasi aplikasi Jogo Santri, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Demak  menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Jogo Santri untuk Pesantren. 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting  dari Ruang Command Center, Kamis (29/09/22)  diikuti oleh pengasuh dan admin ponpes se-Kabuapaten Demak. Turut hadir dalam sosialisasi tersebut perwakilan dari Kemenag, Bagian Kesra, dan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI).

Kadinkominfo Endah Cahyarini melalui  Subkord Sistem dan Program Aplikasi Andy Kurniawan menyampaikan, kegiatan ini merupakan sosialisasi lanjutan yang sudah dilakukan pada bulan Januari sebelumnya. Harapannya melalui aplikasi ini  masyarakat bisa mengetahui pesatren yang ada di Kabupaten Demak.

“Semua data pesantren yang ada di Kabupaten Demak dapat dilihat dengan mudah oleh seluruh masyarakat nusantara maupun dunia melalui aplikasi ini. Jadi jika masyarakat ingin mendaftarkan anaknya ke ponpes Demak  dapat melalui aplikasi ini,”kata Andik.

Andik menjelaskan, untuk membukan aplikasi Jogo Santri dapat mengakses laman website https://jogosantri.demakkab.go.id/. Adapun tampilan yang terdapat dalam web tersebut diantaranya, daftar pesantren, jadwal pengajian dan live streaming, daftar ekonomi mikro pesantren, daftar event pestival pesantren dan daftar masjid.

“Harapannya, agar kedepan aplikasi ini bisa mempromosikan ponpes ke masyarakat,”terangnya.

Sementara itu, Perwakilan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI), Arifin mengatakan, sosialisasi ini merupakan moment yang sangat penting dalam digitalisasi pesantren.

“Ponpes juga harus mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan digitalisasi.  Aplikasi ini sangat memudahkan ponpes untuk mempublikasikan ponpesnya, keunggulan pesantren bisa di muat di Jogo Santri. Saya mohon para peserta sosialisasi dapat mengikuti dengan baik dan menerapkan ilmu yang di peroleh untuk perkembangan ponpes,”pungkasnya. (kominfo/ist-rd)

Tags inovasi demak teknologi

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 556
Kunjungan Bulan Ini : 3006
Kunjungan Tahun Ini : 199532

Ikuti Kami