Beresiko Tinggi, Pedagang Menjadi Prioritas Vaksinasi

Demak – Dinas Kesehatan  Kabupaten Demak beserta seluruh petugas promoter kesehatan tingkat puskesmas lakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang  pasar pada tanggal 5 maret 2021. Hal ini merupakan langkah awal sebelum pelaksanaan vaksinasi kepada pedagang di empat pasar yakni Pasar Bintoro, Mranggen, Wonosalam, dan Pasar Karanganyar.

Kedinkes Guvrin Heru Putranto menyampaikan, pedagang pasar merupakan salah satu prioritas lantaran tempat jual beli dan berkumpulnya para pembeli sehingga dinyatakan resiko tinggi yang perlu didahulukan. “Untuk menekan angka resiko tersebut vaskinasi menjadi langkah yang tepat, karena secara umum tujuan pelaksanaan vaksinasi yakni dapat menurunkan angka kesakitan, dan kematian akibat Covid – 19”,  Selasa (9/3/21).

Terkait pelaksanaan sosialisasi,  Kabid Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Winarno mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan masing-masing pengelola pasar agar dapat membantu berjalannya sosialisasi. Adapun materi sosialisasi yang disampaikan meliputi, bahwa vaksin yang digunakan aman dan halal, vaksin tidak sama dengan obat, efek samping, dan perlunya protokol kesehatan walaupun telah divaksinasi.

“Kami menjelaskan kepada pedagang bahwa vaksin yang diberikan gratis tidak dipungut biaya sepeserpun”,ungkapnya.

Sementara, Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Watjito menambahkan, di samping woro-woro sosialisasi dan edukasi, pihaknya juga melakukan pendataan pedagang dengan menunjukkan KTP. Hal ini dilakukan untuk menghindari penolakan pedagang pasar melakukan vaksinasi.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi, di saat pelaksanaan vaksinasi semua yang di data seluruhnya dapat mengikuti dengan presentase 100 %. (kominfo/ist)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 20
Kunjungan Hari Ini : 1306
Kunjungan Bulan Ini : 15647
Kunjungan Tahun Ini : 161614

Ikuti Kami