Bersih Sungai Upaya Pengendalian Banjir

Demak - Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Kav Maryoto  menjelaskan bahwa dalam kegiatan karya bakti melibatkan kurang lebih 150 orang yang terdiri dari Personel TNI Polri, Pemkab Demak, BPBD, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup,

Kelompok Peduli Sungai (KPS) , Kelompok Pegiat Lingkungan (KPL). 

“Adapun yang menjadi sasaran karya bakti kali ini antara lain pembersihan sampah yang ada di seputaran pasar Bintoro Demak dan pembersihan sungai dan saluran air di Desa Botorejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak," ucap Dandim

Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan wabah penyakit yang diakibatkan oleh tersumbatnya aliran air oleh tumpukan sampah dan juga enceng gondok pada musim penghujan tiba.Sebagai upaya pengendalian dan penanganan banjir di wilayah kawasan perkotaan  Pemkab Demak bersama stakeholder terkait melaksanakan kegiatan kerja bakti bersih-bersih sungai tuntang lama. Minggu, (10/12). 

Terpisah plt Ka Dinputaru Demak Rudatin Suryandari menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan sungai Kali Tuntang ini bertujuan sebagai langkah antisipasi banjir ketika memasuki musim penghujan. Tidak hanya itu saja namun juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan. 

"Setiap hujan deras itu tuntang pasti meluap, saya yakin karena encenggondok yang menghambat air. Dengan kegiatan seperti ini setidaknya bisa mengurangi banjir dan arus air lancar," Kata Rudatin. 

"Untuk hari ini kami membersihkan lokasi dari polres lama sampai desa Karangmlati. Tapi semampunya karena berat, jika tidak selesai hari ini dilanjutkan Minggu depan. Karena mengerahkan warga tidak bisa setiap hari, sehingga kami ambil setiap hari Minggu," tuturnya.
( kmf/ ry-apj)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 20
Kunjungan Hari Ini : 918
Kunjungan Bulan Ini : 16694
Kunjungan Tahun Ini : 162661

Ikuti Kami