Bersihkan Sungai Pelayaran Dijalur Pantura Libatkan ASN

Demak – Ratusan ASN dari berbagai OPD dan masyarakat melakukan kerja bhakti disepanjang sungai pelayaran yang berada dijalur pantura dari Sayung hingga Buyaran, Rabu (24/3/21). Kegiatan bersih sungai yang melibatkan ratusan ASN merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Demak ke 518 dengan tujuan untuk mempercantik sungai pelayaran.

Sekdin Dinas Lingkungan Hidup Masruh di tengah kegiatan kebersihan di Onggorawe menyampaikan, sungai memiliki peran penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup disekitarnya. Jika kondisi lingkungan sungai tercemar, maka kehidupan di dalam maupun di sepanjang aliran sungai akan terancam. ”Untuk itu kita telah melakukan koordinasi dengan pemberitahuan melalui forum OPD termasuk Kecamatan dengan Desa. Suratnya sudah kita kirim beberapa hari yang lalu untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sungai ini”.

Sementara Kabid Pengolahan sampah dan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas DinLH Kusdarmawan selaku koordinator lapangan menyampaikan, kegiatan yang  dilaksanakan disepanjang jembatan Sayung hingga jembatan Buyaran, nantinya akan dibagi sesuai kapling.

“Jadi ukuran kapling panjang dan lebarnya tidak sama, kita akan sesuaikan dengan jumlah pegawainya”, ujarnya.

Pihaknya memastikan dalam kegiatan yang dilaksanakan hari ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.”Untuk itu kami tidak menyediakan titik pusat untuk berkumpul agar meminimalisir gerombolan”, tekannya.

Dijelaskan Kusdarmawan, hasil sampah yang didapat akan dilakukan proses pemilahan terlebih dahulu. Selanjutnya untuk sampah daun akan melalui proses pengomposan di TPA Kalikondang, sedangkan untuk sampah yang tidak bisa terurai akan dibawa ke TPA Candisari.

Pihaknya berharap, Semua masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Karena sungai ini merupakan baromaeter supaya tidak menimbulkan banjir”,pungkasnya.(kominfo/ist/rd)

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 668
Kunjungan Bulan Ini : 16444
Kunjungan Tahun Ini : 162411

Ikuti Kami