Bonsai Tanaman Kerdil Yang Berharga Mahal

Bonsai Tanaman Kerdil Yang Berharga Mahal

Demak- Kunci utama dalam merawat tanaman Bonsai adalah kesabaran. Selain itu Bonsai juga merupakan suatu seni hidup yang nilai jualnya tinggi. Sebab untuk Merawatnya harus  datang dari hati, karena segala sesuatu yang berasal dari hati dan rasa suka pasti akan baik hasilnya. 
Hal ini di sampaikan ketua Ketua PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia ) kabupaten Demak Ahmad Sugiharto. 

 “ merawat Bonsai adalah suatu Seni, dan dari hati, jika sudah dari hati maka akan terawat dengan baik. Kemudian juga niat, Jika niat kita pasti akan meluangkan waktu, dan  rasa suka, maka tanaman akan tumbuh dengan baik,” tutur ketua PPBI Akhmad Sugiharto saat di studio RSKW FM, Senin (19/08/24). 

Kolektor tanaman Bonsai  yang juga menjabat Sekda Demak  ini memiliki koleksi tanaman kerdil yang jumlahnya tidak terhitung  di rawat dan di pajang di beberapa tempat. Tidak hanya di rumah, namun juga dirawat dengan baik di Lingkungan Setda, dan lingkungan Dinputaru hingga  di beberapa  Mitra pecinta Bonsai. 

Pameran Lokal

Sementara itu dalam rangka  karnaval atau pameran bonsai  yang akan digelar taggal 21 sampai 28 Agustus nanti akan di gelar di lapangan desa Bumirejo kecamatan Karangawen  akan mendatangkan trainer untuk memberikan informasi mengenai cara membuat Bonsai.

“Pada tanggal 24 mulai jam 19.00 WIB, akan ada Trainer yang memberikan informasi  bagaimana cara membuat Bonsai, kita datangkan tenaga ahli dan pelatih cara membuat bonsai. Trainernya  dari Kudus, pak Tukin dan Hastadi dari Mranggen” jelas panitia Pameran Bonsai Diyon Sudiyono

Dalam kesempatan yang sama Humas PPBI Demak, Zuliadi Akhmad menjelaskan tips merawat bonsai 

“ Yang utama harus dipahami adalah media tanam, pohon yang awal baru pertama, media tanamnya 100 persen pasir kali, akar cangkok yang berwarna putih jangan sampai diletakkan  diterik matahari, di angin-anginkan,  setiap tumbuh tunas baru bisa digeser ke panas. Karena Bonsai identic dengan tanaman Outdoor, setelah itu  baru d kasih pupuk, yang murah juga bisa,  pupuk kotoran hewan misalnya” jelasnya. 

 (Komf/nin)

Tags inovasi motivasi-dan-semangat pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 15
Kunjungan Hari Ini : 443
Kunjungan Bulan Ini : 443
Kunjungan Tahun Ini : 219144

Ikuti Kami