BPBD Demak Antisipasi Puncak Musim Kemarau

Demak - Diketahui dari data BMKG memprakirakan Puncak Musim Kemarau 2023 di sebagian besar wilayah diprakirakan terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2023 sebanyak 507 ZOM (72,53%).

Dengan demikian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak siapkan beberapa antisipasi untuk menghadapi musim kemarau El Nino, mulai dari pengaktifan sumur di setiap desa. 

Agus Nugroho Luhur Pambudi, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Demak, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, bahwa untuk tahun 2023 Kabupaten Demak akan terdampak kemarau yang cukup panjang yang diperkirakan puncaknya dibulan Agustus dan September 2023.

"Perlu diketahui bahwa sesuai perkiraan BMKG kemarau tahun ini kemarau kering (El nino), kemarau ini bisa panjang," Kata Agus, Senin (3/7/23).

Kabupaten Demak menjadi daerah di Jawa Tengah masuk dalam kategori daerah rawan kekeringan.

"Di Demak itu termasuk yang memiliki potensi ancaman kekeringan, maka kami mempersiapkan diri dengan langkah antisipasi menghadapi musim kemarau tahun 2023," ungkapnya. 

Lanjutnya, "Selama ini di Kabupaten Demak kurang lebih ada 100 desa yang tersebar di 14 Kecamatan yang perlu kami antisipasi walaupun diluar itu tetap diantisipasi," tambahnya. 

Agus mengajak agar di setiap desa untuk bisa kembali mengaktifkan sumur sebagai upaya untuk mengantisipasi kekeringan di desa-desa

"Saya harap warga desa dapat kembali mengaktifkan posko yang ada di Kabupaten Demak. Baik posko resmi di kecamatan, koramil, polsek, sampai dengan posko relawan yang ada," pungkasnya. (Kominfo/Apj).

Tags layana-publik ekonomi pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 15
Kunjungan Hari Ini : 1022
Kunjungan Bulan Ini : 15363
Kunjungan Tahun Ini : 161330

Ikuti Kami