Bupati : Pentingnya Pengawasan Orang Tua Agar Terhindah Dari Penyalahgunaan Narkoba

Demak – Kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Demak pada tahun 2021 hingga Semester I tahun 2022 merangkak turun, namun Pemkab tidak boleh berpuas diri dengan adanya penurunan ini.

Kata Bupati Demak Eisti’anah saat menjadi narasumber  Bincang Pagi bertemakan ‘Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja Dan Generasi Muda’, Rabu (12/10/22) di Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM. Acara yang dipandu oleh Mira Lufia, juga menghadirkan 2 narasumber lainnya yakni Kepala Badan Kesbangpol Muhammad fathkurohman dan Kasat Narkoba Polres Demak AKP Tri Cipto Purnomo.

“Kita tetap harus berusaha sekeras mungkin menurunkan, kalau bisa tidak ada angka penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Demak ,”katanya.

Eisti menyebutkan, sejauh ini upaya preventif Pemkab dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Demak diantaranya menggelar seminar, lokakarya, workshop, serta melakukan sosialisasi di sekolah dari tingkah SD hingga SMA tentang bahaya penggunaan narkoba.

“Seluruh masyarakat Demak untuk bareng-bareng melakukan langkah preventif untuk mengawasi anak-anak kita. Ini tugas bersama,”terangnya.

“Kami mengharapkan orang tua mengawasi anak-anaknya, karena anak kita menjadi generasi emas penerus kita kedepannya, sehingga Kabupaten Demak bisa bersih dari peredaran narkoba, penyalahgunaan narkoba. Sehingga anak-anak ini bisa menjadikan Demak bermartabat maju dan sejahtera,”tambahnya.

Selaras di sampaikan Bupati, Kasat Narkoba Polres Demak AKP Tri Cipto Purnomo mengatakan, pengawasan orang tua itu sangat penting karena generasi muda remaja paling mudah di pengaruhi karena masa labil dan masih mencari jati diri.

“Jangan lepas dari pantauan orang tua tentunya. Faktor utamanya bisanya coba-coba kemudian jadi addict,”ungkapnya.

AKP Tri Cipto Purnomo juga menjelaskan, 3 tanda pengguna narkoba yang dapat dilihat secara kasat mata yakni secara fisik, emosi dan perilaku.

“Untuk tanda fisik biasanya mata merah, kulitnya pucat, kelopak mata berat sering mengantuk. Secara emosi, mudah marah tanpa sebab, depresi, pelupa, daya pikir lemah. Sementara secara perilaku biasanya, malas, tidak peduli orang lain, suka menyendiri dan sering menguap. Namun untuk lebih akuratnya harus dilakukan test,”pungkasnya. (kominfo/ist)

 

Tags pendidikan sosial-dan-peduli-sesama demak nasional kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 8
Kunjungan Hari Ini : 328
Kunjungan Bulan Ini : 15136
Kunjungan Tahun Ini : 15136

Ikuti Kami