Bupati Demak Ajak Perempuan Beralih Gunakan Pembalut Kain

Demak – Bupati Demak Eisti’anah membuka kegiatan Pemberdayaan Perempuan bertempat di Aula Baznas Kabupaten Demak, Selasa (11/07/23). Adapun kegiatan tersebut bertemakan ‘Bantu Perempuan Pakai Pembalut Kain’, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi produksi sampah dan  penggunaan pembalut kain dirasa lebih aman dan sehat serta ramah lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, pembalut sekali pakai dari cellulose gel dan plastik menjadi bahan yang sulit terurai dan menjadi masalah serius hingga saat ini. Sehingga banyak manfaat positif yang dapat diambil dari pelatihan yaitu perempuan tidak hanya sebagai konsumen atau pembeli produk pembalut kain saja, melainkan dapat memproduksi pembalut kain sendiri dan dijual.

“Stigma dan fakta perempuan ikut menyumbang produksi sampah lewat pembalut sekali pakai memang tak terbantahkan. Karena satu buah pembalut setara sdengan empat kantong plastic sekali pakai dan sulit terurai juga mengandung banyak senyawa kimia yang berbahaya untuk tubuh kita seperti klorin, dioxin,”kata Eisti.

Eisti juga menyarankan, kepada para perempuan untuk beralih dari pembalut sekali pakai ke reusable menstrual pad atau pembalut kain pakai ulang.

“Selain mengurangi produksi sampah, yang tak kalah penting adalah penggunaan pembalut kain dirasa lebih aman dan sehat serta ramah lingkungan,”jelasnya.

Lebih lanjut, Eist berpesan kepada seluruh perempuan agar menjadi perempuan yang tangguh, sehat, produktif, mandiri, penuh kreasi, selalu optimis dan pandai memanfaatkan setiap peluang yang ada. (kominfo/ist)

Tags inovasi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 23
Kunjungan Hari Ini : 1323
Kunjungan Bulan Ini : 15664
Kunjungan Tahun Ini : 161631

Ikuti Kami