Bupati Demak Hadir Pada Rakor Penanganan Kemiskinan Ekstrim

Demak – Bupati Demak Eisti’anah menghadiri Rapat Kooordinasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Grobogan dan Pemerintah Kabupaten Demak dalam rangka sinergitas penanganan kemiskinan ekstrim di Jawa Tengah. Rakor yang bertempat di Balaidesa Milir Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (25/01/23).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, berdasarkan pemetaan yang telah dilakukan, terdapat 923 desa yang masuk dalam zona kemiskinan. Untuk itu, pihaknya mengajak para kades memiliki pusat data, tentang warga yang benar-benar membutuhkan penanganan.

“Hari ini kita coba bereskan sampai level mikro yakni di desa. Kita minta Kades untuk mendata, camat supervisi, dan akan dikompilasi di Kabupaten,”kata Ganjar.

Dari data yang terkumpul, Pemprov Jateng telah melakukan berbagai intervensi. Selain program reguler seperti pembenahan rumah jadi layak huni, Ganjar juga mendorong perusahaan berperan menyerap tenaga dari warga miskin.

Sejauh ini, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Grobogan dan Demak sudah mempunyai sejumlah program penanganan kemiskinan sampai tingkat desa. Di Kabupaten Demak dan Grobogan ada lebih dari 20 perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan kualifikasi yang sesuai untuk penanganan kemiskinan ekstrem.

’’Kalau butuh pelatihan, pemerintah siap untuk memfasilitasi. Tapi kalau mereka butuh yang unskill, lalu mereka mau training sendiri itu juga lebih baik. Jadi mereka bisa mendapatkan tambahan sehingga dari strategi pengeluarannya nanti akan terpenuhi. Ini yang sedang kami siapkan,’’ujarnya.

Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, dalam hal ini pihaknya telah berkomitmen dengan jajaran Pemprov Jateng dalam upaya penurunan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Demak. Salah satunya dengan terus melakukan assessment terkait perkembangan kondisi sosial masyarakat, dan optimalisasi program bantuan yang tepat guna.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga yang masuk dalam kategori miskin ekstrem dan desa dengan kategori miskin di Grobogan dan Demak. Di antaranya pemasangan listrik murah bagi masyarakat tidak mampu sebanyak 253 KK di Grobogan sebesar Rp 227,7 juta serta beasiswa untuk empat siswa SMA di Kabupaten Grobogan dan Demak masing-masing sebesar Rp 2,4 juta.

Kemudian, pembangunan satu unit Biogas kapasitas 20 meter kubik untuk empat lokasi di Grobogan masing-masing Rp 60 juta, Pembangunan Masjid Hidayatul Mukarromah sebesar Rp 30 juta. Selanjutnya bantuan pembangunan Gereja Isa Almasih Rp 30 juta, pembangunan musala Riyyadhotul Muttaqin Rp 20 juta, dan pembangunan Gedung TPQ Nurul Iman sebesar Rp 50 juta. Semuanya berada di Kabupaten Grobogan. (kominfo/ist-rd)

 

 

 

 

 

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 21
Kunjungan Hari Ini : 990
Kunjungan Bulan Ini : 30952
Kunjungan Tahun Ini : 176919

Ikuti Kami