Bupati Demak Hadiri Megengan, Rame Pengunjung Sepi Yang Mremo

Demak- Situasi Megengan dalam menyambut Ramadan di depan Masjid Agung Demak dan Alon alon Simpang enam sepi dari pedagang mremo. Banyak lapak dagangan digelar namun mereka merupakan pedagang harian. Untuk yang mremo menu khas megengan seperti pecel lontong, sate keong, lontong opor, bubur dan kolak hanya beberapa saja. Jauh lebih sedikit dari pada tiap megengan sebelumnya, Sabtu (2/4/22). 

Megengan yang diprakarsai Ta'mir dan pengurus Masjid Agung Demak diadakan kembali setelah dua kali Ramadan ditiadakan. Sehingga pedagang yang biasa mremo  kemungkinan masih belum mengetahuinya dan mengira tidak ada  megengan. Namun banyak warga yang datang untuk menyaksikan megengan. 

Bupati Demak Isti'anah dalam sambutanya di serambi masjid Agung menyampaikan, meskipun ada perbedaan pelaksanaan puasa, karena pada hari ini sudah ada yang menjalankan namun kita tidak perlu mempersoalkan sehingga  kita dapat tetap menjaga kedamaian. 

" Dan jadikanlah perbedaan itu indah yang terpenting kita semua berdoa agar pandemi covid-19 segera berlalu, dan megengan seperti ini kedepanya bisa meriah lagi" Kata Eisti'anah. 

" Dulu saya  senang kalo jalan jalan liat megengan di depan masjid Agung dan dua tahun kemarin sempat ditiadakan. Megengan merupakan tradisi dan budaya kita dalam menyambut ramadan. Dengan acara inilah kita jadikan ajang silaturahmi dengan warga masyarakat, ta'mir dan pengurus masjid serta adik adik siswa MTS" Ungkap Bupati Eisti'anah. 

Selanjutnya bupati Eisti'anah membunyikan sirine sebagai tanda memasuki 1 Ramadhan dengan memencet tombol. Didampingi Kapolres Demak AKBP Budi Adhi Buono, kadinas Pariwisata, kepala Kemenag, ketua umum Takmir masjid Agung Demak. 

Sementara ketua umum takmir Masjid Agung Abdullah Syifa menerangkan, acara megengan dimeriahkan dengan Penampilan Marching Band, Musik Angklung dan Rebana dari MTs NU Demak. Juga tauziah Ramadan Dan Do'a bersama oleh KH. M. Asyiq. Penampilan Rebana Remaja Masjid Agung Demak dan Seremonial tabuh bedug.  ( kominfo/rd)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 194
Kunjungan Bulan Ini : 1867
Kunjungan Tahun Ini : 83261

Ikuti Kami