Bupati Demak Pimpin Apel Kesiapsiagaan Hadapi Dampak El Nino

Demak – Bupati Demak Eisti’anah memimpin Apel Kesiapsiagaan menghadapi dampak fenomena El Nino seperti kekeringan, kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2023, Kamis (24/08/23) bertempat di Alun-Alun Demak.

Apel kesiapsiagaan dalam rangka pencegahan dan mitigasi untuk mengurangi risiko bencana secara terorganisir, terpadu, cepat, dan tanggap tesebut, diikuti semua unsur terkait seperti TNI-Polri, BPBD Kabupaten Demak, Satpol PP, Pemadaman Kebakaran, Dinas Perhubungan (Dishub), Palang Merah Indonesia (PMI), Perhutani, Dinas Kesehatan (Dinkes) serta pihak terkait.

Bupati Eisti’anah menyampaikan, musim kering dan fenomena El Nino sudah bisa dirasakan di Kabupaten Demak dengan munculnya kondisi kekeringan lahan pertanian, dan kekurangan air bersih di beberapa desa.

"Kegiatan ini juga sekaligus meneguhkan komitmen kemanusiaan kita dalam membantu warga terdampak bencana," kata Eisti.

Sementara, menurut Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya, apel kesiapsiagaan ini sangat penting, mengingat setiap bencana tidak dapat dihadapi sendiri namun menjadi tanggung jawab bersama.

Dalam mengantisipasi terjadinya bencana, lanjutnya, memerlukan peran komponen pentahelix mulai pemerintah daerah, TNI-Polri, akademisi, Ormas, sukarelawan, pelaku usaha hingga media, semua harus bekerja sinergi dan saling mendukung

"Harapannya, kesiapsiagaan di masyarakat akan terbangun melalui edukasi, baik dalam bentuk penyuluhan, sosialisasi dan kampanye serta melakukan patroli pencegahan Karhutla yang kita lakukan bersama," pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 951
Kunjungan Bulan Ini : 1661
Kunjungan Tahun Ini : 83055

Ikuti Kami