Bupati Demak Sarankan Petani Terapkan Teknologi Pertanian Cerdas Iklim

Demak – Bupati Demak Eisti’anah bersama Wakil Bupati Ali Makhsun hadiri Kegiatan Panen Kacang Hijau, Senin (05/09/22) Desa Sarimulyo Kecamatan Kebonagung. Kegiatan Panen Raya Komoditas Kacang Hijau ini sekaligus sebagai ruang evaluasi besar untuk mengetahui hasil dari penerapan Teknologi CSA (Climate Smart Agriculture) dan penggunaan bibit Kacang Hijau unggul di lahan Poktan Manduro dan Poktan Dworowati, Desa Sarimulyo Kebonagung.

Kacang Hijau yang ditanam tersebut berjenis Varietas Vima-1, dengan keuntungan varietas memiliki umur lebih genjah, pembungaan dan panen serempak, cabang banyak sehingga memungkinkan pebuahan dapat hasil yang optimal.

Menurut Bupati  Eisti’anah melalui penerapan Teknologi Pertanian Cerdas Iklim ini setidaknya mampu menghasilkan provitas sebesar 1,7 ton per hektar. Jumlah ini lebih besar dibandingkan dengan cara konvensional dengan provitas 1,1 ton per hektare.

Untuk itu Bupati berharap agar seluruh petani yang ada di Kabupaten Demak dapat meniru keberhasilan petani Desa Sarimulyo Kebonagung.

“Saya tekankan, bahwa di era sekarang, petani harus cerdas dan inovatif, serta mampu memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini sehingga produksi bisa maksimal, harga jual pun akan stabil,”kata Eisti.

Sementara itu dalam laporannya Plt. Kadinpertan Pangan, Agus Herawan mengatakan panen kacang hijau dilaksanakan dengan biaya dari Loan Agreement antara Pemerintah Indonesia dengan World Bank (WB) dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) yang pengelolaan anggaran melalui DIPA Kementrian Pertanian Tahun 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Eisti’anah menyerahkan bansos secara simbolis kepada penerima manfaat berupa bantuan benih bawang merah dan pupuk NPK non subsidi.(kominfo/ist/apj-rd)

 

 

Tags pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 576
Kunjungan Bulan Ini : 3026
Kunjungan Tahun Ini : 199552

Ikuti Kami