Bupati Demak Terima Kunker Spesifik Komisi V DPR RI

Demak - Bupati Demak Eisti'anah menerima Kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI di gedung Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak, Kamis, (19/1/23). Rombongan wakil rakyat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw tersebut untuk meninjau Infrastruktur yang ada di Kabupaten Demak. Khusunya di wilayah desa yang terdampak rob seperti desa Timbulsloko, kemudian tinjauan ke pintu air Kali tulung di Desa Batu Kecamatan Karangtengah dan Calon Terminal Baru di Jogoloyo Demak. 

Bupati Demak Eisti'anah dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasih kepada Komisi V DPR RI yang telah menyempatkan waktu untuk hadir pada kegiatan hari ini. 

"Terimakasih untuk ketua tim DPR RI Komisi V yang telah menyempatkan waktu untuk hadir di Kabupaten Demak. Seperti yang sudah dilakukan komisi V DPR RI, sudah meninjau langsung di desa Timbulsloko (Lokasi Perumahan Terdampak Rob) kemudian pintu air kali tulung Desa Batu Kecamatan Karangtengah, dan Calon Terminal Baru di Jogoloyo, " kata Eisti. 

Bupati juga menyampaikan bahwa untuk menyelesaikan permasalahan banjir dan rob kawasan pesisir Demak tidak dapat dilakukan hanya oleh Pemkab Demak. Namun dibutuhkan kolaborasi dengan pemerintah provinsi dan kementerian sesuai dengan kewenangan masing-masing. 

Bupati berharap dengan kedatangan kunjungan spesifik ini bisa membantu permasalahan yang ada di kabupaten Demak. 

"Semoga ada bantuan untuk kabupaten Demak, karena dari pemkab Demak tidak sanggup untuk menyelesaikannya sendiri, apalagi di tambah curah hujan yang luar biasa, sehingga semua terdampak, tidak hanya rumah warga saja namun sampai pertanian juga terdampak, " Jelas Eisti. 

Dalam kesempatan tersebut Sekda Demak Akhmad Sugiharto, memaparkan terkait isu dan konsep penanganan kawasan pesisir Demak. Seperti Kerangka Pembiayaan Penanganan Kawasan Pesisir, Kerentanan Kawasan Pesisir, Damage Assesment (Kerusakan Yang Terjadi) Di Kawasan Pesisir, Grand Design Pengembangan Pesisir Demak, Kebutuhan Program Penanganan, Kebutuhan Infrastruktur

"Permasalahan cukup berat dan membutuhkan penanganan secara berkelanjutan sehingga membutuhkan anggaran yang sangat besar, perlu prioritas, " Kata Sekda Akhmad Sugiharto. 

Perlu koordinasi

Akhmad Sugiharto juga menyampaikan, pembiayaan program penanganan lainnya akan diusulkan melalui KemenPUPR, KKP, BBWS, Pemprov, dan sebagainya dalam bentuk Paket Program Tanggul Laut untuk penanganan Banjir dan Rob Terintegrasi. 

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw dalam sambutannya menyampaikan, dampak banjir rob dibeberapa titik di Kabupaten Demak sangat tinggi, yang tentunya akan berpengaruh pada penurunan kualitas hidup masyarakat, kerusakan ekosistem darat dan laut, maupun indikasi peningkatan kemiskinan. 

"Selain itu, persoalan lainnya adalah perlu dilakukan preservasi Jalan Nasional Pantura untuk menghindari kecelakaan dan kemacetan, termasuk revitalisasi terminal. Pada Kunjungan kerja spesifik ini, Komisi V DPR RI meminta Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan untuk segera berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Demak agar masalah banjir rob di wilayah ini dapat di atasi." Kata Robert Rouw

"Walaupun selama ini sudah ada kegiatan pengendalian banjir dan rob yang telah dilakukan, namun masih terdapat beberapa titik yang segera ditangani agar masyarakat merasa aman, " Tutupnya. 

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, anggota Komisi V DPR RI, Kementrian PUPR, Kementrian Perhubungan, serta OPD terkait dan tamu undangan. (Kominfo/Apj- rd) .

Tags demak nasional

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 1004
Kunjungan Bulan Ini : 18161
Kunjungan Tahun Ini : 99555

Ikuti Kami