Bupati Silaturahmi Di Kasepuhan Kadilangu Dalam Acara Pisowanan

Demak – Dalam rangkaian acara Grebeg Besar Kabupaten Demak di Tahun 2022 Bupati Demak Eisti’anah bersilaturahmi dalam acara Pisowanan ke Kasepuhan Kadilangu yang berlokasi di Sasana Rengga Kadilangu, Selasa (21/06/22). Pisowanan tersebut dilakukan untuk membicarakan hal-hal pokok dalam melaksanakan kegiatan Penjamasan Pusaka peninggalan  Sunan Kalijaga pada tanggal 10 Zulhijah.

Bupati Demak Eisti’anah didampingi Wakil Bupati Ali Makhsun, Anggota Forkopimda, Pj Setda Eko Pringgolaksito di sambut langsung oleh Sesepuh Raden Muhammad Cahyo Iman Santoso beserta kelurga ahli waris.

Bupati Eisti’anah dalam sambutannya menyampaikan, maksud dan tujuan Pisowanan yakni untuk melakukan kulan nuwun (permisi) sebelum melakukan rangkaian acara peringatan Grebeg Besar.

“ Kami kulan nuwun dan nyuwun pangestu untuk melakukan rangkaian kegiatan Grebeg Besar agar dapat berjalan sukses dan lancar,”kata Eisti.

Semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan untuk menjaga adat istiadat agar tetap lestari. “Saya harap kita saling bersinergi agar dapat meningkatkan pariwisata kita, membangun Kabupaten Demak lebih bermartabat, maju dan sejahtera,”tambahnya.

Sesepuh Ahli Waris Raden Muhammad Cahyo Iman Santoso juga menyampaikan, bahwa acara Penjamasan Pusaka Kanjeng Sunan Kalijaga setiap tahunnya dilaksanakan, karena ini merupakan potensi wisata Budaya di Demak.

“Semoga acara ini dapat berjalan secara rutin, karena hanya ada di Demak dan harus dilestarikan. Semoga rangkaian acara berjalan aman, lancar, damai dan sukses. Semoga barokah Allah dan karomah Sunan Kalijaga berdampak kepada kita semua,”ungkapnya.

 

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga Kristiawan  Saputra menyampaikan, acara Pisowanan ini merupakan awal rangkaian acara sebelum dilaksanakan Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga. Adapun rangkaian kegiatannya meliputi Pisowanan, Ziarah, Khatamann Qur'an, Penerimaan abon-abon (ugorampe seperti minyak jamas dan bunga) dari keraton Surakarta Hadiningrat.

Lebih lanjut Kristiawan menjelaskan, rencananya akan dilaksanakan kunjungan balasan dari pihak Kesepuhan ke Pemkab Demak. Karena hal ini sudah merupakan tradisi sejak dulu. (kominfo/ist-rd)

 

 

 

Tags seni-dan-budaya demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 317
Kunjungan Bulan Ini : 17830
Kunjungan Tahun Ini : 76632

Ikuti Kami