Cegah Stunting Sejak Masa Kehamilan

Demak – Pemasalahan stunting sudah menjadi perhatian dunia termasuk di Kabupaten Demak. Stunting sendiri merupakan kondisi gangguan bertumbuhan dan perkembangan anak akibat kurangnya gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Jelas Dokter Obgyn RSUD Sunan Kalijaga dr. Hanafi Waskito saat talkshow di Studio Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM bertemakan ‘Cegah Stunting Sejak Masa Kehamilan’, Rabu (28/12/22).

“Kondisi stunting juga dapat diketahui selama masa kehamilan,”kata dr. Hanafi.

dr. Hanafi menjelaskan, beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi angka kejadian stunting diantaranya dengan langkah internal yakni pemberian nutrisi. “Misal berat badan janin tidak bertambah tindakan yang dapat dilakukan untuk menambah berat janin dengan mengkonsumsi makanan tertentu diantaranya kacang-kacangan, telur, daging, ayam, buah-buahan dan sayuran hijau.”

Selain nutrisi, lanjutnya, melakukan pemeriksaan sebelum kehamilan juga sangat penting, seperti pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan HIV, Hepatitis, dan Sipillis.

“Dari hasil screening USG saat masa kehamilan juga dapat mengetahui permasalahan stunting. Minimal selama kehamilan, Ibu harus melakukan USG selama 3 kali pada Trisemester 1, Trisemester 2, dan Trisemester 3. Jika terindikasi stunting, nantinya bisa dikejar dengan pemenuhan nutrisi dan vitamin,”jelasnya.

Sementara, langkah eksternal yang dapat dilakukan dalam mengatasi stunting yakni dengan hindari radiasi, tidak minum alkohol, serta asap rokok. (kominfo/ist)

Tags motivasi-dan-semangat demak nasional

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 641
Kunjungan Bulan Ini : 18154
Kunjungan Tahun Ini : 76956

Ikuti Kami