Desa Mutih Kulon Demak Desa Berprestasi, Terus Benahi Diri Agar Lebih Maju Lagi

Demak – Desa Mutih Kulon kecamatan Wedung kabupaten Demak saat ini merupakan desa Berprestasi . Berbagai prestasi mulai tingkat kecamatan , kabupataen dan Provinsi mulai diraih satu persatu berkat kerjasama yang baik unsur Pemerintahan Desa , kelembagaan desa , Tokoh Masyarakat , Pemuda dan seluruh warga desa.

Berkat kepemimpinan Kepala Desa Tahsilul Ma’al , S Ag desa ini mendapatkan predikat Desa Informatif urutan kedua se-Jawa Tengah . Penghargaan ini dari Komisi Informasi Jawa Tengah . Penyerahan dilakukan di Patra Hotel And Convention, Kamis 21 Desember 2023.

Kepala Desa Mutih Kulon Tahsilul, mengatakan, Desa Mutih Kulon merasa bangga mendapatkan penghargaan Desa Kategori Desa Informatif urutan kedua se-Jawa Tengah. Hasil tersebut bukan tiba-tiba namun perlu proses yang panjang. Penghargaan ini bukan hasil lomba yang dipersiapkan sebelumnya. Tapi penghargaan ini hasil monev kinerja satu tahun Pemerintah Desa Mutih Kulon .

“Jika hasil lomba bisa diupayakan persiapan sebelumnya dengan maksimal, tetapi penghargaan ini merupakan penilaian hasil kerja sehingga membutuhkan proses yang panjang dan butuh kesungguhan dalam melayani warga dan juga instansi terkait “, tambahnya.

Dengan adanya penghargaan itu memacu semangat kerja seluruh aparat desa untuk bekerja lebih baik lagi agar bertambah maju ke depannya. Untuk pembangunan fisik di desa misalnya desa ini membenahi sarana prasarana berupa jalan dan jembatan. Baik di dalam desa atau diluar desa yang terkait peningkatan ekonomi terus diupayakan pembenahan.

“ Alhamdulillah beberapa ruas jalan di luar lingkungan desa misalnya jalan pertanian mulai kita benahi satu persatu. Memang tidak bisa satu tahun selesai . Misalnya jalan tembus yang menuju ke desa Kendalasem tinggal beberapa titik lagi selesai di betonisai “, ujar Maal usai Upacara Bendera HUT RI ke 79 Sabtu 17/8/2024

Untuk sektor pertanian misalnya diupayakan untuk membenahi sarana prasaran pertanian. Misalnya saluran air yang dangkal , pembuatan pintu air dan juga terkait penyediaan pupuk bersubsidi untuk petani. Perekonomian Desa Mutih Kulon masih mengandalkan sektor pertanian sehingga upaya pembangunan di sektor ini terus dilakukan agar petani bertambah sejahtera.

 “ Salah satu yng masih kami upayakan bagaimana ketersediaan air untuk pertanian tercukupi. Upaya kami salah satunya menormalisasi saluran air di lahan pertanian agar bisa menyimpan air yang lebih utamanya di musim kemarau. Selain itu membuat pintu pintu air untuk membagi air agar merata “, tambahnya.

Terkait Usaha warga pihaknya berupaya agar setiap waktu ada pembukaan lapangan pekerjaan untuk warga . Oleh karena itu ia bekerjasama dengan warga yang mempunyai modal untuk bermitra usaha dengan warga yang butuh pekerjaan. Salah satunya adalah membuka usaha peternakan kambing.

Warga yang bermodal membuat kandang selanjutnya di isi kambing kemudian dipelihara oleh sesama warga . Kambing tersebut dijaga dan dipelihara dengan sebaik baiknya . Setelah nanti menghasilkan ada hasil yang akan dibagi antara pemilik modal dan yang menjaga atau memelihara.

“ Tidak itu saja nanti kita akan usulkan yang setiap hari memelihara ,menjaga dan merawat kambing tersebut mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa kambing. Sehingga mereka juga mempunyai modal kambing dari bantuan pemerintah agar penghasilannya lebih bnyak “, kata Maal lagi.

Di sektor UMKM ia telah kembangkan pasar kuliner yang dahulunya kecil sekarang lebih besar dan lebih banyak penjualnya . Desa membuatkan tempat yang layak agar para pedagang dan pembeli bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman. Selain itu juga bisa menumbuhkan potensi usaha kecil warga agar menjadi lebih besar.

“ Untuk pasar kuliner sore ini ketika bulan Ramadhan cukup ramai . Sehingga yang datang ke tempat ini tidak hanya warga Mutih Kulon saja namun warga lain desa juga membeli ke sini “, Pungkas Maal. (komf nin/ist)

 

 

Tags seni-dan-budaya sosial-dan-peduli-sesama layana-publik ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 23
Kunjungan Hari Ini : 306
Kunjungan Bulan Ini : 306
Kunjungan Tahun Ini : 219007

Ikuti Kami