Dibutuhkan Peran Kontributor Dalam Menginformasikan Pembangunan Daerah

Demak – Dalam rangka meningkatkan kinerja kontributor berita daerah jatengprov.go.id, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah mengadakan monitoring dan evaluasi kontributor berita daerah pada website jatengprov.go.id , Selasa (28/09/21) di Hotel Santika Pekalongan. 

Kadiskominfo Jawa tengah , Riena Retnaningrum dalam sambutannya melalui daring  zoom meeting menyampaikan,  peran para kontributor sangat penting dalam menginformasikan kebijakan, program dan kegiatan serta hasil-hasil pembangunan di daerah masing-masing. 

“Kita sadari benar, bahwa hasil-hasil pembangunan maupun berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang direalisasikan oleh pemerintah, tidak akan dapat diketahui oleh masyarakat luas jika tidak dikomunikasikan melalui media,”kata Riena.

Untuk itu dirinya mengapresiasi kinerja kontributor yang turut memberikan informasi tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan tersebut diikuti 35 kontributor berita dari Kabupaten/ kota se Jawa Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut 2 narasumber yakni sekretaris redaksi suara merdeka Setiawan Hendra Kelana  dan Wartawan Surat Kabar Kedaulatan Rakyat Candra Adhie Nugroho.

Dalam pemaparan materinya, Sekretaris Redaksi Suara Merdeka Setiawan Hendra Kelana mengatakan, menjadi seorang penulis berita setidaknya memiliki pengetahuan dasar menulis lengkap seperti 5W 1H. Dirinya menjelaskan ada beberapa penulisan dalam menulis berita sepeti straight news, indepth news, feature, investigation news dan interpretative news. 

“Sebenarnya banyak sekali dalam tipe penulisan berita seperti straight news, indepth news,  dan feature. Sedangkan untuk penulisan berita ideal di media siber sebanyak 150 sampai 400 kata,”ujarnya.

Sementara pada kegiatan yang sama, Wartawan Surat Kabar Kedaulatan Rakyat Candra Adhie Nugroho menjelaskan, pentinganya fotografi jurnalistik dalam sebuah berita. Selanjutnya Candra juga memberikan tips dan trik dalam pengambilan foto dari berbagai angel. (Kominfo/Ist/Put).

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 603
Kunjungan Bulan Ini : 28122
Kunjungan Tahun Ini : 174089

Ikuti Kami