Dinkominfo Demak Hadiri Bimtek SP4N Lapor dan Lapor Gub di Magelang

Magelang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Demak turut hadir dalam kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR! dan Lapor Gub yang diselenggarakan oleh Diskominfo Provinsi Jawa Tengah di Magelang, (27/02/2024). Kegiatan ini menandai langkah maju dalam peningkatan kualitas pengelolaan pengaduan publik di Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut, Siti Farida dari Ombudsman Jawa Tengah memaparkan tentang pentingnya pelayanan publik sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2009 dan menekankan perlunya kolaborasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pengelolaan pengaduan. 

"Saya menyoroti aduan yang sering dilaporkan ke Ombudsman, itu meliputi penundaan berlarut, penyimpangan prosedur, hingga penyalahgunaan wewenang," kata Siti Farida.

Selain itu, Silvia Diaz dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) memperkenalkan SP4N LAPOR sebagai layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang terintegrasi. 

Pentingnya kolaborasi antar sektor dalam pengelolaan pengaduan, dengan Dinas Kominfo sebagai leading sektor dalam verifikasi aduan dan Inspektorat dalam pengawasan dan evaluasi.

Sementara perwakilan dari Diskominfo Provinsi Jawa Tengah memberikan penjelasan tentang alur pengaduan Lapor Gub, mulai dari penerimaan aduan melalui berbagai kanal hingga menindaklanjutinya oleh instansi terkait. 

SOP pengaduan LaporGub menggarisbawahi pentingnya pemantauan, pelaporan kinerja, evaluasi, koordinasi, dan komunikasi dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan integritas pelayanan publik dan memperkuat komitmen pemerintah dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat, dengan mengedepankan integritas, moralitas, dan tata kelola pemerintahan yang baik. (Kom/ist/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 369
Kunjungan Bulan Ini : 16145
Kunjungan Tahun Ini : 162112

Ikuti Kami