Dinkominfo Demak Mengikuti SPBE Summit 2024 dan Peluncuran Govtech Indonesia

Demak - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Demak turut berpartisipasi dalam acara SPBE Summit 2024 dan peluncuran Govtech Indonesia melalui Zoom Meeting di ruang SEDEB Dinkominfo. Senin, (27/5/24). Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tim SPBE Kabupaten Demak. Adapun narasumber utama dalam acara ini adalah Presiden RI Joko Widodo, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan arahan dari Presiden yang menekankan pentingnya peluncuran Layanan Digital Prioritas Terpadu, penyederhanaan aplikasi, percepatan implementasi SPBE, dan pengonsolidasian ke dalam satu portal digital yang mengutamakan keamanan digital. 

"Peluncuran ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk transformasi digital, dengan menghindari pembuatan aplikasi baru dan fokus pada peningkatan nilai indeks SPBE Nasional Indonesia," kata Anas.

Presiden RI, Joko Widodo, dalam pidatonya menegaskan bahwa birokrasi harus melayani masyarakat dengan lebih mudah dan cepat. "Tidak boleh ada lagi aplikasi yang tumpang tindih dan tidak terintegrasi. Kita harus memperkuat infrastruktur digital publik dengan satu portal digitalisasi dan menghentikan pembuatan aplikasi baru yang hanya menghambur-hamburkan anggaran," tegas Presiden.

Sementara Menteri BUMN, Erick Thohir, menjelaskan bahwa Govtech Indonesia bukan sekadar platform atau aplikasi, melainkan penyelenggaraan keterpaduan ekosistem layanan digital pemerintah. 

"Peluncuran ini adalah langkah awal untuk memperbaiki proses bisnis yang terpadu, transparan, dan terukur. Kami membutuhkan dukungan dari seluruh kementerian untuk mewujudkan pelayanan publik yang nyata bagi masyarakat," kata Erick Thohir.

Acara tersebut juga diisi dengan penandatanganan komitmen oleh 15 pimpinan instansi penyelenggara layanan SPBE prioritas, termasuk Menteri PANRB, Kepala Bappenas, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Kominfo, dan pejabat tinggi lainnya. Penandatanganan ini menandai komitmen bersama untuk mengintegrasikan layanan pada portal layanan publik dan administrasi pemerintahan.

Selain itu, diumumkan dan diserahkan penghargaan kepada 65 instansi pusat dan pemerintah daerah dengan indeks SPBE terbaik dan peningkatan indeks SPBE yang signifikan.

Dengan diluncurkannya Govtech Indonesia atau INA Digital, diharapkan masyarakat hanya perlu satu login untuk mengakses berbagai layanan dengan data pribadi yang aman. Langkah ini juga akan mendorong integrasi infrastruktur seperti data center dan government cloud, yang merupakan upaya untuk mewujudkan transformasi digital secara menyeluruh di Indonesia. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 34
Kunjungan Hari Ini : 829
Kunjungan Bulan Ini : 15170
Kunjungan Tahun Ini : 161137

Ikuti Kami