Dinkominfo Melayani Konsultasi Metadata

Demak – Admin Metadata Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak melayani konsultasi pembuatan metadata sektoral kepada Admin Kecamatan Karangawen, Senin (27/04/21) di Ruang Kabid Komtik.

Dalam konsultasinya Admin Kecamatan Karangawen A. Syarifuddin Hidayatulloh menanyakan cara pembuatan metadata, untuk apa metdata dibuat serta format acuan metadata. “Sebernarnya apa sih fungsi utama pembuatan metadata tersebut?”, ujarnya.

Pelayanan konsultasi diterima Admin Metadata Dinkominfo  Shella Fara Diba. Dalam memberikan pelayanan konsultasi tersebut dirinya menyampaikan, metadata dibuat sebagai informasi tentang data, yang berisikan indikator penyusun, definisi, kegunaan, jumlah, referensi hingga sumber data berasal.

Disampaikan, format acuan pembuatan metadata berasal dari Badan Pusat Statistik. “Data yang dibuat merupakan semua jenis data yang  bersumber dari Program Sistema Informasi Pembangunan daerah (SIPD) sesuai dengan OPD masing-masing”, kata Shella.

Sedangkan terkait fungsi utama metadata yaitu  Interoperability/Multi Sistem Operasi, Mengatur Sumber data Elektronik, Membantu Pencarian Data, Identifikasi Secara Digital, dan Arsip dan Perawatan.

Sementara, Kepala Bidang Komunikasi dan Statistik Agus Pramono menjelaskan, Metadata ini berhubungan dengan Indikator Kinerja Kunci (IKK) bidang komunikasi dan statistik seksi pengelolaan data statistik dan informasi.

“Ini merupakan kebutuhan dalam melengkapi satu data Demak, dimana kedepan dengan Perpres No 39 Tahun 2018 tentang satu data Indonesia, semua data yang ada harus memiliki metadata”, pungkasnya.(kominfo/ist/rd)

 

Tags layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 146
Kunjungan Bulan Ini : 15922
Kunjungan Tahun Ini : 161889

Ikuti Kami