Dinparta Siapkan Simulasi Pembukaan Tempat Wisata

Demak – Penyusunan konsep simulasi pembukaan tempat wisata dalam rangka menyambut turunnya level PPKM di Kabupaten Demak menjadi level 2 saat ini tengah dilakukan  Dinas Pariwisata (Dinparta) Kabupaten Demak. Jelas Kadinparta Agus Kriyono, Selasa (31/08/21).


Berbagai persiapan simulasi sudah dilakukan mulai dari berkoordinasi dengan berbagai stakeholder tempat wisata dan berkoordinasi dengan Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah.


Agus mengatakan, tempat pelaksanaan simulasi dilakukan di lokasi Wisata Kadilangu. “Kami sudah lakukan koordinasi dengan teman-teman yang ada di sana, termasuk pedagang, masyarakat, supaya mereka juga paham dan tahu bahwa akan ada dilakukan simulasi persiapan untuk PPKM level 2, dari sektor pariwisata.” 


Terkait rencana atau jadwal tanggal simulasi, lanjutnya, belum dapat di pastikan waktu dan tempatnya. Karena masih menunggu perizinan dari provinsi, pimpinan, dan Satgas Covid-19.


Terdapat 3 pos yang akan didirikan dalam konsep simulasi pembukaan tempat wisata tersebut meliputi, pertama pos retribusi, kedua pos transit bagi mereka yang belum vaksin, dan ketiga pos pemeriksaan suhu tubuh di pintu lokasi wisata. 


“Pos pertama, nanti di situ pengunjung yang datang menggunakan bus akan kita screening. Khusus bagi teman-teman yang sudah melakukan vaksin, akan kami persilahkan untuk melanjutkan perjalanan sampai ke lokasi ziarah. Tapi bagi teman-teman yang belum vaksin, kita nanti akan siapkan tempat transit yang ada di lokasi pos ke dua. Kalau mereka jalan satu rombongan, kan ada yang vaksin ada yang belum, yang belum vaksin tetap tidak kita perbolehkan untuk masuk,” terangnya.
Selanjutnya, setelah lolos screening pengunjung diminta untuk cuci tangan di tempat yang telah di sediakan. Sampai pada pos ke tiga pemeriksaan di pintu masuk lokasi ziarah.

Sementara, perihal jumlah persentase pengunjung yang diizinkan masuk, pihaknya masih harus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder yang ada. Lebih lanjut pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang ingin berziarah ke Makam Sunan Kalijaga Kadilangu, agar disiplin menerapkan Protokol Kesehatan. (kominfo/ist)

Tags demak wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 20
Kunjungan Bulan Ini : 12922
Kunjungan Tahun Ini : 71724

Ikuti Kami