Dinpertan Pangan Demak Pastikan Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Demak - Kepala Dinpertan Pangan, Agus Herawan, mengatakan pihaknya mengecek kesehatan hewan kurban untuk memastikan hewan tersebut layak konsumsi. Untuk itu perlu adanya langkah atau tindakan menjaga kesehatan hewan kurban. 

"Salah satu kegiatan yang kami lakukan adalah pengecekan kesehatan hewan di peternak dan pengepul. Kegiatan ini sudah kami laksanakan sejak tiga minggu yang lalu," kata Agus Herawan saat monitoring hewan kurban di desa Kramat Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Selasa, (11/06/2024).

Tim Dinpertan Pangan juga telah membagikan disinfektan dan memberikan layanan kesehatan kepada hewan-hewan kurban.

Selain itu juga berkolaborasi dengan para takmir masjid dan juru sembelih untuk memberikan edukasi mengenai pengelolaan daging kurban yang baik dan sehat. 

"Kami memberikan edukasi tentang cara memilih hewan kurban yang sehat dan memenuhi syariat Islam. Kami juga mengajarkan bagaimana mengelola daging kambing dan daging kurban lainnya agar tetap sehat dan layak konsumsi," jelas Agus.

Hingga saat ini, Dinpertan Pangan belum menemukan adanya hewan kurban yang menunjukkan gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) maupun Lumpy Skin Disease (LSD). 

"Lalu lintas hewan kurban ini luar biasa, terutama di pasar-pasar hewan. Di Demak sendiri, pasar hewan yang ada hanya kecil dan khusus untuk kambing dan domba, sementara untuk kerbau dan sapi, kita merujuk ke pasar hewan di luar Demak," tambah Agus.

"Dengan berbagai langkah ini, kami berharap dapat memastikan bahwa hewan kurban yang diperdagangkan dan disembelih pada Idul Adha nanti dalam kondisi sehat dan layak konsumsi, serta memenuhi ketentuan syariat Islam," tutupnya. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik pertanian-dan-perkebunan demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 17
Kunjungan Hari Ini : 503
Kunjungan Bulan Ini : 22277
Kunjungan Tahun Ini : 168244

Ikuti Kami