DPS Kabupaten Demak Mengalami Penurunan Cukup Signifikan

Demak - Sekda Demak Akhmad Sugiharto mengikuti Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilu 2024 tingkat Kabupaten, yang di gelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak, bertempat di Kantor KPU Demak, Rabu (5/4/23).

Dalam kegiatan tersebut ketua KPU Demak Bambang Setya Budi menyampaikan, KPU Demak sesuai dengan ketentuan Keputusan KPU nomor 27 tahun 2023 tentang juknis data pemilih, KPU Demak hari ini melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penetapan DPS untuk pemilu 2024.

"Data dari pemilih hasil sikronisasi dari KPU Republik Indonesia pemilu kemarin 2019 ada 904057 kemudian penetapan hari ini hasil rekapitulasi TPS menjadi 901566. Sehingga KPU Demak mendapati di tahun ini sebanyak 901566 DPS. Ini mengalami penurunan," Kata Bambang. 

Penurnan DPS disebabkan banyaknya warga yang telah meninggal dunia.

"Dari data awal memang terjadi pergeseran sekiranya 2000 terkait TMS meninggal," Imbuhnya. 

Dalam kesempatan tersebut Bambang juga menjelaskan bahwa data tersebut sudah melalui beberapa tahapan untuk sebelumnya dilakukan penetapan DPS.

"Tentunya dilakukan proses penetapan adalah terkait pemilih aktif dan terkait perubahan pemilih yaitu mereka yang tms karena sudah meninggal atau pindah domisili atau ganda dan perubahan yang lain membuat data itu berubah," Ungkapnya. 

Sementara itu Sekda Demak Akhmad Sugiharto menyampaikan, pemkab akan terus berupaya membantu KPU untuk melaksanakan Pemilu 2024 secara lancar.

Sekda menambahkan untuk mendapatkan DPS yang baik, KPU harus lebih berkordinasi dengan Dikdukcapil.

"Data pemilihan sangat berarti tapi sudah disampaikan ke KPU untuk kordinasi dengan Dindukcapil," Kata Sekda. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 8
Kunjungan Hari Ini : 670
Kunjungan Bulan Ini : 670
Kunjungan Tahun Ini : 177897

Ikuti Kami